Home / Post / Berita / Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas Pamtas 509 Kostrad Tanam Sayur Bersama Masyarakat

Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas Pamtas 509 Kostrad Tanam Sayur Bersama Masyarakat

Keerom – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad, bercocok tanam bersama masyarakat di Pos Kotis, Distrik Senggi, Kab. Keerom, Papua. Jumat (24/1).

Kapten Inf Sujito, Komandan Kompi (Danki) Pos Kostis menuturkan, kegiatan itu merupakan bagian dari bakti TNI di perbatasan RI-Papua New Guinea (PNG) sebagai bentuk kepedulian prajurit dalam membantu masyarakat di kampung-kampung.

Distrik Senggi yang memiliki suhu yang relatif sejuk dan dingin berada di dataran tinggi, sehingga sangat cocok untuk bercocok tanaman produktif seperti jenis buah-buahan, sayuran dan apotek. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para anggota Satgas di lahan kosong milik Pos Kotis dengan media Polybag.

Sebelumnya lahan tersebut kosong oleh tanaman tak berproduktif, kini ditangan para prajurit Yonif Raider 509 Kostrad lahan tersebut disulap menjadi ladang perkebunan. Sertu Joko dan Pratu Gaguk mengajak masyarakat menanam sayuran di halaman depan Pos Kotis.

“Saya harap dengan mengajak masyarakat sekitaran Pos, mereka dapat belajar bercocok tanam dengan menggunakan media Polybag”, tutur Joko.

“Masyarakat yang menanam tanaman di Pos Kotis juga diperbolehkan memetik hasil tanaman jika saatnya panen”, imbuhnya.

Memanfaatkan lahan kosong disekitaran Pos untuk di tanami tanaman produktif seperti jenis buah-buahan, sayuran dan apotek, juga merupakan bentuk mendukung program Pemerintahan tentang Ketahanan Pangan Nasional

“Dengan kita mengajarkan cara menenanam yang benar kepada masyarakat dan memiliki tanaman pangan sendiri akan mengurangi ketergantungan pangan dari luar, pastinya lebih sehat tanaman sayur-sayuran yang diproduksi oleh diri sendiri”, imbuhnya.

Dalam kegiatan bakti TNI yang di laksanakan oleh prajurit Satgas Yonif Raider 509 Kostrad di daerah perbatasan, kata dia, bertujuan untuk membantu meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan masyarakat. (Prod/Cen)

About admincen