Home / Post / Berita / Melatih Anak-Anak SD YPPK Kanandega Tata Cara Upacara Bendera

Melatih Anak-Anak SD YPPK Kanandega Tata Cara Upacara Bendera

Keerom – Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos Waris pimpinan Letda Inf Dzakiy Faris Naufal melatih anak-anak SD YPPK Kanandega, Distrik Waris Kab. Keerom, Prov. Papua dalam pelaksanaan upacara bendera yang akan dilaksanakan pada hari Senin. Sabtu, 5 Oktober 2019.

Rasa cinta terhadap tanah air memang harus ditanamkan sejak usia dini, maka masa-masa SD merupakan tahap awal untuk menciptakan karakter yang cinta tanah air. Salah satu kegiatan untuk mewujudkan rasa cinta tanah air tersebut adalah dengan melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin.

Namun hal yang tidak biasa terjadi di SD YPPK Kanandega karena sudah hampir lebih dari 1 semester upacara bendera tidak pernah dilaksanakan. Hal ini terjadi karena terbatasnya kemampuan dari guru-guru yang ada di sekolah tersebut untuk melatih tata upacara bendera masih sangat terbatas. Alasan tersebut disampaikan oleh Ibu Lis Widiarti selaku guru sekaligus sebagai wali kelas.

Pos Waris yang merupakan pos terdekat dengan sekolah telah melaksanakan kunjungan ke sekolah tersebut dan telah mengetahui masalah yang ada. Selanjutnya Pos Waris memutuskan untuk membantu pihak sekolah agar dapat melaksanakan upacara dengan cara membantu melatih perangkat-perangkat upacara sehingga nantinya upacara dapat dilaksanakan dengan baik. “Setiap anak-anak adalah penerus bangsa, namun apa jadinya bila rasa cinta tanah air dan bela negara tidak ada didalam benaknya”, ujar Danpos.

Pelaksanaan pelatihan Siswa/i yang ditunjuk sebagai perangkat upacara membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam karena Siswa/i ini benar-benar belum paham dengan cara baris berbaris, sehingga dalam melatih harus dimulai dari hal-hal yang sangat mendasar seperti cara menghormat, sikap sempurna, dll.

Hal ini nantinya akan dijadikan sebagai program Pos Waris untuk melatih tata upacara secara rutin di SD YPPK Kanandega setiap hari Sabtunya, sehingga apa yang telah diajarkan kepada siswa/i akan menjadi pedoman untuk pelaksanaan upacara secara rutin kedepannya. (Prod/Cen)

About admincen