Home / Post / Berita / Melimpah, Panen Hasil Kebun Satgas Pamtas Yonif R 509 Bersama Warga

Melimpah, Panen Hasil Kebun Satgas Pamtas Yonif R 509 Bersama Warga

Keerom – Hasil yang melimpah diperoleh dari menanam berbagai jenis sayuran dengan memanfaatkan lahan kosong, Satgas Yonif Raider 509/Kostrad panen bersama warga perbatasan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 509/ Kostrad, Letkol Inf Wira Muharomah, S.H.,Psc., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (14/1/2020).

Diungkapkan Dansatgas, di sela-sela tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas juga mengembangkan potensi yang ada untuk berkebun memanfaatkan lahan kosong sekitar pos.

“Seperti yang dilakukan personel Pos Km 140, beberapa waktu lalu menaman berbagai jenis sayuran, kini hasil panennya sangat melimpah dan dibagikan kepada warga di perbatasan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, upaya untuk membuat kebun di lahan kosong seputar Pos ini hasilnya sangat memuaskan. Anggota Pos mengajak orang tua dan anak-anak untuk ikut memanen di kebun ini, dan hasilnya berupa sayuran kacang panjang, terong, jagung dan cabai dibagikan kepada warga.

“Tujuan dari berkebun ini, agar warga kampung Okmakot juga dapat mengikutinya. Walaupun di lahan sempit, tapi jika diberdayakan secara maksimal, hasilnya bisa seperti ini (melimpah), dan dijual juga dapat untuk meningkatkan pendapatan warga,” jelasnya.

“Berkebun seperti ini bisa digunakan sebagai media komunikasi sosial Satgas dengan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan,” tandas Wira Muharromah.

Di tempat terpisah, Danpos Km 140, Letda Inf Sulasmono mengatakan, berkebun seperti ini dapat dilakukan siapa saja, termasuk warga di perbatasan. Lahan kosong yang masih luas menjadi peluang untuk membudidayakan tanaman sayuran ini sebagai sumber pendapatan keluarga.

“Kami berupaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di semua bidang, hal ini dilakukan demi kemajuan desa yang berada di wilayah perbatasan,” tegasnya lagi.

Sulasmono menuturkan, kehadiran Satgas di tengah masyarakat untuk mempererat tali silaturahim, sehingga kemanunggalan TNI-rakyat selalu ada dan nyata.

“Tidak hanya memanen sayuran, tetapi kita (Satgas) juga saling bertukar pikiran tentang wawasan dalam meningkatkan hasil pertanian sesuai dengan harapan”, jelasnya.

Sementara itu, Martius (45) selaku Ondoafi (Kepala Adat), mengucapkan terima kasih kepada Satgas yang telah memberikan hasil panen kebunnya jenis sayur-sayuran kepada warga sekitar.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak TNI yang telah membantu kami, sehingga dapat meringankan beban kami,” tuturnya.

“Kami berharap ketulusan dan keikhlasan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga terjalin ikatan kekeluargaan yang humanis dan harmonis antara TNI dan masyarakat,” pungkas Martinus bangga.

About admincen