Menanam Cabai, Strategi Kodim 1709/Yawa Bersama Pemkab Yapen Tekan Inflasi

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa bekerjasama dengan Pemkab Yapen menyelenggarakan kegiatan Menanam Cabe (Kriting) dan Terong yang berlokasi di Lahan Pak Aris di Kampung Panduami, Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Rabu (24/4/2024).

Pada kegiatan penanaman cabai sebanyak 100 bibit dan terong sebanyak 100 bibit ini turut hadir Pj Bupati Kab. Kep. Yapen Welliam R. Manderi, S.IP., M.Si, Sekda Yapen Erny R. Tania. S.IP, Pasiter Kodim 1709 Kapten Inf Pawawoi Tahir, S.E, Kadis Ketahana Yapen Jeffry Boy Max Manderi, Asisten III Ir. Wahyudin.

Pj Bupati Kab.Kep Yapen Welliam R.Manderi, S.IP., M.Si pada kegiatan tersebut mengatakan Ini menjadi satu harapan Pemerintah Daerah untuk menekan Inflasi di Kabupaten kepulauan Yapen termasuk penyediaan kebutuhan-kebutuhan pokok baik itu cabai yang juga menjadi penyumbang inflasi terbesar di beberapa daerah termasuk  di yapen.

“Oleh sebab itu kerja sama dan kolaburasi ini dari Kodim 1709/Yawa dengan Masyarakat pemilik lahan yang ada di kampung panduami distrik kosiwo dan ini menjadi beberapa tempat yang sudah kami datangi dan juga menjadi harapan kita semua untuk masyarakat yang mempunyai lahan bersama dengan pemerintah dan stacholder untuk membuka lahan lainnya sehingga kita menyiapkan bibit untuk tanam di lahan-lahan mereka termasuk petani asli papua, Sehingga apa yang kita harapkan dengan ekonomi kerakyatan bisa hadir di sini,” pungkas Pj Bupati.

Di kesempatan yang sama, Pasiter Kodim 1709 Kapten Inf Pawawoi Tahir, SE pada keterangan persnya berterima kasih kepada Bapak Pj Bupati Yapen bahwa apa yang dilakukan saat ini merupakan program dari Pimpinan bahwa setiap Kodim membantu masyarakat dengan penyiapan lahan luas minimal 200 hektar tujuannya untuk ketahanan pangan bisa tercapai.

“Untuk di Yapen ini kami berusaha untuk membuka lahan 200 hektar milik masyarakat,karena kami Kodim 1709/Yawa sifatnya hanya melakukan Pendampingan dengan membantu membuka lahan,menanam sampai perawatan hingga Hasilnya untuk masyarakat sendiri. Yang kita lakukan hari ini salah satu kegiatan kita selama ini bahwa Kodim 1709/Yawa sudah melaksankan kegiatan kurang lebih berjalan 2 bulan sudah membuka lahan dan ini adalah salah satu wilayah milik Pak Aris ini yang kita melaksanakan pendampingan,” ujar Pasiter.

“Kita harapkan apa yang kita lakukan hari ini berkelanjutan dengan di ikuti oleh kelompok petani yang lain sehingga 200 hektar yang di programkan dari Komando Atas bisa segera terwujud, dalam waktu dekat ini melalui Perintah Komandan Kodim 1709/Yawa bahwa setelah ini kami akan terjun lagi untuk membuka lahan-lahan tidur milik masyarakat supaya apa yang menjadi penghasilan Masyarakat itu bisa terwujud,”lanjutnya.

Check Also

Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Puncak Jaya ~ Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Sertu Sugiyanto melaksanakan Komsos Kreatif dengan membangun keakraban dan …