Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Menjadi Guru di Papua

Merauke – Prajurit TNI Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Yonif 511/DY Pos Kalimaro membantu kegiatan belajar mengajar dan melatih PBB siswa SD YPPK Santo Petrus Bupul di perbatasan RI-PNG Kampung Bupul, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Jumat (9/12/2022).

Satgas Pamtas Yonif 511/DY Pos Kalimaro yang dipimpin oleh Serda Inal beserta 9 orang personel melaksanakan kegiatan perbantuan belajar mengajar di SD YPPK Santo Petrus Bupul di perbatasan RI-PNG Distrik Elikobel.

Salah satu sektor yang digenjot pemerintah saat ini adalah pembangunan sumber daya manusia. Terutama bidang pendidikan menjadi hal yang paling diperhatikan. Persoalannya adalah masih ada ketimpangan pendidikan di Tanah Air, terutama di wilayah timur yang masih tertinggal.

Hal itu juga disadari oleh Satgas RI-PNG Yonif 511/DY. untuk itu sebagai bentuk dukungan pada program tersebut, personel Satgas Pos Kalimaro melakukan pengabdian dalam bentuk mengajar di perbatasan Papua.

Lettu Inf Sutyoso Doan selaku Danpos Kalimaro Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY dalam keterangannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dari Satgas Yonif 511/DY untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan sekaligus memberi motivasi belajar kepada siswa sekolah SD YPPK Santo Petrus Bupul agar dapat terus bersemangat dalam menuntut ilmu.

“Semua jajaran Pos Kalimaro Satgas Yonif 511/DY telah diberikan pembekalan berbagai bidang ilmu termasuk teknik mengajar sehingga siap menjadi perbantuan tenaga pendidik, dan harapan kami kegiatan ini dapat memberikan motivasi semangat kepada murid-murid serta dapat menjalin hubungan baik dengan guru, serta orang tua murid dan masyarakat Kampung Bupul ini agar murid-murid tersebut semangat dalam belajar, memiliki jiwa kedisiplinan dan cinta tanah air dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Danpos.

“Selain melaksanakan kegiatan belajar mengajar, kami juga mengajarkan PBB kepada siswa-siswi agar mereka memiliki kedisiplinan dalam hidup serta kami juga memberikan bantuan berupa bola sebagai salah satu bentuk ajakan kepada anak-anak di SD YPPK Santo Petrus Bupul agar lebih bersemangat melakukan kegiatan aktivitas fisik dengan cara berolaraga,” ucapnya.

Bapak Emanuel Boby S.Pd. (53) selaku Kepala Sekolah sangat berterima kasih kepada personel Satgas TNI Yonif 511/DY yang telah membantu kegiatan belajar mengajar di SD YPPK Santo Petrus Bupul.

“Terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 511/DY atas peran aktifnya dalam kegiatan mencerdaskan anak-anak anak-anak didik kami di sekolah ini semoga anak-anak kami termotivasi untuk belajar dan juga terima kasih banyak sudah memberikan bola kepada anak-anak kami sehingga mereka sangat senang sekali dapat bola dari Bapak-bapak Tentara,” ucap Bapak Emanuel Boby.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …