Mencetak Bibit-Bibit Pesilat Baru, Danyonif Resmikan PSHT Komisariat 751/VJS

Sentani ~ Bertepatan dengan hari ulang tahun TNI ke 78 tahun 2023, Batalyon Infanteri 751/Vira Jaya Sakti secara resmi membuka komisariat untuk tempat pelatihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat Madiun bertempat di Aula Sumarsono Yonif 751/VJS, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (5/10/2023).

Seperti yang kita ketahui bahwa perguruan pencak silat PSHT merupakan salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia, yang mana latar belakang didirikannya PSHT selain untuk melatih pertahanan diri juga untuk mendidik manusia agar berbudi pekerti luhur, semakit dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa, serta ikut _memayu hayuning bawono_ (membuat dunia menjadi indah dan tentram).

Pembukaan PSHT Komisariat Yonif 751/VJS yang diresmikan langsung oleh Danyonif 751/VJS, Mayor Inf Erwan Harliantoro, S.H., M.Han. ini juga dihadiri oleh beberapa Tokoh PSHT khususnya wilayah Jayapura, diantaranya Ketua Dewan PSHT Cabang Jayapura Kang Mas Sumino, Ketua PSHT Cabang Jayapura Kang Mas Ibnu Fajar Sodiq, Danyon Marharlan Lantamal X Letkol Mar Fahrul Ahmadi, Ketua Ranting PSHT Sentani Kang Mas Toha, Sesepuh PSHT Cabang Jayapura, dan para warga PSHT Komisariat 751/VJS.

Danyonif 751/VJS dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas diizinkannya Yonif 751/VJS untuk menjadi satu Komisariat. Ia berharap dapat semakin meningkatkan kecakapan prajurit dalam usaha mengabdi kepada negara dan bangsa.

“Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pimpinan PSHT cabang Jayapura atas diizinkannya Yonif 751/VJS untuk berdiri menjadi satu komisariat tersendiri. Saya berharap, melalui kesenian bela diri PSHT ini dapat menjadi wadah bagi para prajurit untuk mengembangkan bakat khususnya dibidang bela diri,” jelas Danyonif.

Pada kegiatan tersebut sekaligus juga dikukuhkan Kapten Inf M. Iqbal Vahlepi, S.T.Han., M.H.I. sebagai Ketua PSHT Komisariat Yonif 751/VJS.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …