Home / Post / Berita / Mengintip Kreativitas Babinsa Kodim 1708/BN

Mengintip Kreativitas Babinsa Kodim 1708/BN

Biak – Babinsa (Bintara Pembina Desa) adalah ujung tombak TNI dalam melayani masyarakat. Seorang Babinsa dituntut untuk memiliki kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat sekaligus mampu menjadi inovator pembangunan.

Inovator Pembangunan adalah program menterjemahkan kemampuan pembangunan daerah dengan bahasa sederhana yang menggugah keinginan dan keikutsertaan masyarakat dalam bidang pembangunan.

Sertu Budi Suasono salah satu Babinsa Kodim 1708/BN dari Pos Ramil Warsa yang mencoba menumbuhkan inovasi kepada para pelajar tingkat Sekolah Dasar di SD Negeri Warsa Kab. Biak Numfor dengan memberikan keterampilan tentang penggunaan jurigen bekas yang disulap menjadi tempat duduk.

Memang ketrampilan seperti ini merupakan hal yang biasa,  akan tetapi hal tersebut dilakukan oleh Babinsa Sertu Budi Suasono disebabkan banyaknya jurigen bekas yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Pertama kali Sertu Budi Suasono membuat tempat duduk dari jurigen bekas untuk digunakan di rumahnya sendiri, tetapi melihat keadaan di wilayah binaannya yang banyak jurigen bekas yang tidak terpakai,  maka dikumpulkan jurigen jurigen bekas tersebut dan di bawa ke sekolah untuk sedikit diberikan ketrampilan tentang cara pembuatan tempat duduk sederhana kepada anak anak sekolah.

Hal positif telah didapatkan oleh Babinsa Sertu Budi Suasono melalui pemberian ketrampilan tersebut dengan terlihatnya animo dan rasa ingin tahu dari para anak anak sekolah serta guru.

Dengan harapan dimasa mendatang di wilayah binaannya tidak ada lagi jurigen jurigen bekas lagi yang berserakan di teras rumah warga, karena barang yang termasuk sepele itu bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kondisi rumah ” barang berharga bisa menjadi luar biasa ” pungkas Babinsa Sertu Budi Suasono.(Prd/cen)

About redaksi