MUDAHKAN AKSES ANTAR KAMPUNG, SATGAS TNI PELOPORI PERBAIKAN JEMBATAN DI PERBATASAN RI-PNG

Keerom – Berlomba-lomba dalam kebaikan, hal inilah yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kotis yaitu dengan bahu-membahu bersama masyarakat perbatasan membangun jalur trans papua dengan memperbaiki jembatan kayu yang sudah rusak dan berlobang, akibat curah hujan yang tinggi, bertempat di Kampung Woslay, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua, Minggu (17/10/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilisnya.

Dansatgas mengungkapkan akibat curah hujan pada minggu kedua bulan Oktober semakin tinggi yang mengakibatkan jembatan kayu semakin rapuh. Selain itu juga karena usia jembatan cukup tua atau lama, maka Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista sebagai wujud dari Bhakti TNI membantu memperbaiki jembatan di Kampung Woslay yang merupakan wilayah perbatasan RI-PNG.

“Jembatan ini merupakan akses jalan bagi masyarakat perkampungan dan sekitarnya, sehingga manfaat dari kegiatan perbaikan jembatan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Dansatgas.

“Diharapkan melalui kegiatan ini kehadiran prajurit TNI Garuda Merah Diponegoro benar-benar menyentuh hati masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG, sehingga tugas yang diamanatkan negara kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya,” tambah Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Kapten Inf Restu Sujoko yang terlibat langsung kegiatan perbaikan jembatan tersebut, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bermula dari seringnya terjadi hujan lebat, berangin dari mulai akhir minggu pertama bulan Oktober sampai akhir minggu ke dua bulan Oktober ini curah hujan masih tinggi di Kampung Woslay. Hal itu tentu saja menimbulkan rasa khawatir mengingat jembatan di wilayah Kampung Woslay tergolong ramai dilewati kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat, sampai dengan kendaraan truk bermuatan berat baik di pagi dan sore hari sebagai akses kehidupan ekonomi masyarakat setempat.

“Demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, kami Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista menggajak masyarakat Kampung Woslay untuk membantu perbaikan mengganti kayu jembatan yang sudah lapuk atau dimakan usia dengan kayu yang baru yang dibawa dengan menggunakan kendaraan dinas Pos Kotis Satgas, agar dapat memperingan dan mempermudah pekerjaan dalam memperbaiki jembatan sehingga perbaikan jembatanpun tidak perlu memakan waktu yang cukup lama,” ujar Restu.

Sementara itu, salah satu warga Kampung Woslay bapak Damis (38) mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas inisiatif Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kotis Senggi yang telah mempelopori dan mengajak masyarakat Kampung Woslay untuk memperbaiki jembatan kayu yang sudah rusak tersebut di Kampung Woslay Distrik Senggi.

“Upaya yang dilakukan Satgas Yonif 403, sangat membantu semua warga yang lewat sebagai pengguna jalan dan jembatan, bahkan bukan warga Kampung Woslay saja, melainkan warga pendatang maupun para pedagang yang mampir ke Kampung Woslay untuk berjualan menggunakan kendaraannya, untuk itu kami tidak lupa mengucapkan trimakasih kepada Satgas Yonif 403 Pos Kotis,” ungkap Damis.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 BIBDOKKES POLDA PAPUA TAHUN 2021 DAN BADAN INTELEJEN NEGARA (BIN) TAHAP KE-2

Supiori Utara – Sertu Agustinus Ganna dan Serda Ali Ramli melaksanakan pemantauan di wilayah Supiori …