Niyo Napunuk Yukwe Piyorak Oleh Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS

Puncak Jaya ~ Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS membuat kolam sebagai sarana edukasi beternak ikan untuk masyarakat, bertempat di (Kotis) Posramil Kota Baru, Kampung Igimbut, Distrik Pagaleme Kab. Puncak Jaya, Papua, Kamis (27/10/2022)

Niyo Napunuk Yukwe Piyorak adalah bahasa Dani yang memiliki arti pemanfaatan lahan parit atau selokan untuk dijadikan kolam beternak ikan.

Banyaknya lahan tidur seperti parit yang dialiri air sepanjang hari, melahirkan ide yang bermanfaat untuk Pos dan berguna sebagai sarana edukasi bagi masyarakat.

Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dalam keterangan di Kota Baru, Mulia Puncak Jaya. Kamis (27/10) mengatakan, pemanfaatan lahan tidur seperti parit menjadi kolam ikan, merupakan salah satu wujud program pembinaan teritorial (Binter) dengan memanfaatkan potensi wilayah yang ada dan belum dimanfaatkan oleh masyarakat. Satgas mengajak pemerintah untuk ikut merubah lahan tidur seperti parit dijadikan kolam ikan yang bermanfaat dan bisa menjadi percontohan bagi masyarakat, termasuk salah satu upaya pemenuhan gizi masyarakat dengan mengkonsumsi ikan serta menjadi tambahan pendapatan masyarakat.

“Kolam dengan ukuran 15×3, 10×3 dan 8×3 meter selesai dikerjakan oleh prajurit Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS dari parit menjadi kolam ikan dengan waktu pengerjaan kurang lebih 1 minggu,” ucap Dansatgas.

Selain itu, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS juga mengajak Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Puncak Jaya melalui Kabid perikanan Bapak Agustinus Karangan S.Pi. dalam pembuatan kolam. Pelepasan ikan perdana dilakukan oleh personel Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS dan warga.

Warga sekitar (Kotis) Posramil Kota Baru setiap harinya selalu ada yang datang karena ingin melihat kolam yang sudah jadi dan sudah ditanami ikan, “Aihh, aihh” teriakan salah satu warga melihat ikan yang berwarna warni aktif di air sambil nyambar pelet yang dilempar warga.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …