Pangdam Dan Ibu Raksakarini Sri Sena XVII/Cenderawasih Semarakkan Perayaan Puncak HUT Kowad Ke-62

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Juliet Izak Pangemanan selaku Ibu Raksakarini Sri Sena XVII/Cen, memimpin acara syukuran HUT ke-62 Kowad Tahun 2023, bertempat di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cen, Jayapura, Jumat (22/12/2023).

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

“Acara ini merupakan acara puncak HUT Kowad ke-62 di Papua. Dalam peringatan HUT ini, Kowad telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya Donor Darah, Ziarah, Senam Bersama dan Bakti Sosial untuk masyarakat,” ungkap Letkol Candra.

Acara yang dimulai Pkl. 08.00 Wit ini diawali dengan nyanyian Mars Kowad dan penayangan video selayang pandang Kowad XVII/Cen serta pemberian sambutan selamat datang oleh Perwira Koordinator (Pakor) Kowad Letkol Chb Selvi

Sementara itu, dalam sambutannya Ibu Raksakarini Sri Sena XVII/Cen menyampaikan apresiasinya kepada seluruh anggota Kowad yang telah mendukung tugas pokok Kodam XVII/Cen.

“Perayaan HUT Korps Wanita Angkatan Darat yang dibarengi dengan Hari Ibu merupakan tanda kehormatan kepada prajurit Kowad atau yang disebut Srikandi Angkatan Darat. Kowad bukan hanya sebagai penghias lingkungan kerja tetapi merupakan prajurit wanita yang bersih hati, beretika, jujur, mempunyai sikap kemandirian yang tinggi, disiplin, bertanggung jawab, dan menjujung kodrat kewanitaannya serta penuh pengabdiannya kepada Negara, Nusa dan Bangsa Indonesia,” kata Ibu Raksakarini Sri Sena.

“Sesuai dengan kode etik Kowad, yaitu Sad Satya Sri Sena. Pahami dan sadari setinggi apapun prestasi dan jabatan yang telah diraih, hendaknya Kowad tetap menyadari kodratnya sebagai wanita Indonesia, yang memiliki peran sebagai seorang prajurit militer maupun pendamping suami/ibu rumah tangga,” imbuhnya.

Ibu Raksakarini Sri Sena pun berharap untuk terus meningkatankan ilmu pengetahuan dan kemampuan, dengan tetap berpedoman pada etika dan moral, serta prosedur yang berlaku.

“Ingatlah selalu “Meskipun Wanita Tetap Militer, Meskipun Militer Tetap Wanita. Semoga jaya selalu,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Pangdam XVII/Cen yang membacakan amanat Kasad mengatakan peringatan hari ulang tahun adalah momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap pencapaian tugas yang telah dilaksanakan, sekaligus sebagai tolak ukur upaya meningkatkan pengabdian dimasa mendatang.

“Tema HUT Kowad kali ini adalah “Kowad Siap Mengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Tersimpan makna yang mendalam bahwa, Kowad siap mengawal demokrasi demi menjaga keamanan dan ketertiban serta memegang teguh Netralitas TNI,” kata Pangdam.

“Jadikan tema ini sebagai pemicu semangat dan tekad, untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik dalam mendukung tugas pokok TNI AD di tengah situasi demokrasi seperti saat ini,” jelas Pangdam.

“Kedepankan dan tingkatkan semangat soliditas yang dilandasi rasa saling asah, asih, dan asuh, antara senior-junior dalam melaksanakan peran maupun fungsinya guna mendukung tugas pokok TNI AD. Hindari pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, dan TNI AD,” harap Mayjen TNI Izak.

Tak hanya itu, Pangdam mengingatkan agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun.

 “Sayangi dirimu, keluargamu dan juga Satuanmu”, pungkas Pangdam menyampaikan amanat Kasad.

Pemotongan tumpeng oleh Pangdam dan Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih diserahkan kepada Kowad yang berprestasi yaitu Sertu (K) Marcelina Papara anggota Hubdam XVII/Cen yang telah mengukir prestasi Juara 1 Yongmodo Kasad Cup ke-8 di Bali Tahun 2018, Juara 1 Judo Championship Jakarta 2018 dan Juara 1 Eksibisi Kurash PON Papua Ke-20 tahun 2021, serta Kowad dan Kowal yang berprestasi lainnya.

Suasana menyenangkan terlihat saat Pengurus Persit KCK PD XVII/Cen dan Pangdam beserta pejabat utama lainnya bernyanyi dan berjoget bersama.

Hadir pada kegiatan tersebut

Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto, Irdam XVII/Cen Brigjen TNI Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, S.I.P., Para Asisten Kasdam XVII/Cen, Para Pejabat dan Dansat/Kabalak Kodam XVII/Cen serta Pengurus Persit KCK Daerah XVII/Cen dan para Kowal (Korps Wanita Angkatan Laut).

Check Also

Karya Bakti Dan Bakti Sosial Rindam Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Sentani – Sebagai satuan yang berkedudukan di bawah, maka Rindam XVII/Cen ikut berpartisipasi dalam rangka …