PANGDAM XVII/CENDERAWASIH IKUTI RAKOR PANITIA BESAR PON XX TAHUN 2021 PAPUA

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A mengikuti Rapat Koordinasi Panitia Besar PON XX Tahun 2021 Papua bersama KONI Pusat, bertempat di  Sasana Karya Kantor Gubernur Provinsi Papua. Rabu (02/06/2021).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan KONI Pusat bersama PB PON Prov. Papua dalam rangka menyiapkan even nasional PON XX Tahun 2021 di Provinsi Papua yang dihadiri langsung oleh Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Dalam sambutan Gubernur Prov. Papua, yang dibacakan oleh Sekda Prov. Papua Bapak Dance Flasy S.E. M.Si disampaikan bahwa waktu pelaksanaan PON tinggal 120 hari lagi, sehingga dalam hal ini Papua harus siap. Oleh karena itu koordinasi, sinkronisasi dan komunikasi serta koordinasi harus ditingkatkan sehingga PON bisa berhasil dan berjalan dengan sukses sesuai visinya bahwa PON XX harus berhasil di Tanah Papua.

“Puji Tuhan kesiapan sudah berjalan, saya berharap atas nama Pemerintah, komunikasi dan koordinasi terus ditingkatkan mengingat waktu pelaksanaan tinggal 5 bulan lagi. Komunikasi antara PB PON dengan Sub PB PON, komunikasi antara KONI Pusat dengan Panwasra terus kita tingkatkan. Jadi semua harus ditingkatkan sehingga PON XX harus berhasil,” jelas Sekda.

“Ini sangat penting bagi kita untuk introspeksi diri demi kepentingan negara dan bangsa Republik Indonesia agar even tersebut berjalan sesuai rencana, karena setelah PON, kita akan menghadapi PEPARNAS di bulan November, sehingga komunikasi dan koordinasi ini sangat penting karena nama besar Bangsa dan nama besar Papua dipertaruhkan. Kita akan didatangi oleh semua orang dari seluruh Indonesia, melihat alam pesona Merauke yang begitu indah, alam pesona kota Jayapura, dan alam pesona Kab. Jayapura dan Kab. Mimika,” jelas Sekda.

Dalam tempat yang sama, Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan bahwa perjalanan dan persiapan PON Tahun 2021 sangat panjang, proses pembangunan sudah berjalan dan para atlet pun telah menyiapkan diri. Selanjutnya ada eksebisi cabang olahraga lain juga yang akan ditampilkan.

“PON Papua berbeda dengan PON sebelumnya yaitu tantangannya sangat berat, PON XX telah diundur 1 tahun karena masalah Covid-19, kemudian diundur 1 tahun sekarang ini situasi Covid-19 sepenuhnya belum baik, oleh karenanya semua pihak harus bekerja keras untuk menciptakan kondisi dimana pada Oktober 2021 nanti, status Covid-19 di Papua aman yang memungkinkan perhelatan ini dilakukan di Papua,” jelas Ketua KONI.

“Tidak hanya itu, kondisi Covid-19 di 33 Provinsi lainnya harus terkendali dengan baik, karena jika tidak terkendali dengan baik, memungkinkan mereka tidak mengirimkan kontingen, oleh karenanya KONI memberlakukan kontingen yang akan ke Papua harus divaksinasi dan termasuk masyarakat disekitarnya harus divaksinasi” tambahnya.

“Besar harapan saya, bahwa even ini bukan hanya rencana-rencana dan bukan akan-akan, sehingga permasalah yang ada perlu menjadi atensi bersama,” harap Ketua KONI Pusat.

Rapat Koordinasi ini dihadiri Ketua KONI Pusat berserta beberapa Pengurus, Gubernur diwakili oleh Sekda Prov. Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua, Danlanud Silas Papare, Danlantamal X, Ketua PB PON Prov. Papua beserta Pengurus, Walikota Jayapura, Bupati Kab. Jayapura, Bupati Kab. Mimika dan Bupati Kab. Merauke.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

BANGKITKAN SEMANGAT PERJUANGAN, SATUAN TNI DI YAWA GELAR NONTON FILM PERJUANGAN

Yapen – Kodim 1709/Yapen Waropen mengadakan nonton bersama bersama film kejuangan dengan judul ‘Merah Putih’ …