Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Rapat Evaluasi Program Kerja Dan Anggaran Semester I TA 2022

Jayapura – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., secara langsung membuka dan memimpin rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Kodam XVII/Cenderawasih Semester I TA 2022, bertempat di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Selasa (26/07/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Sementara itu, saat membuka acara tersebut, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., menyampaikan bahwa rapat evaluasi program kerja dan anggaran Semester I TA 2022 ini bertujuan untuk menilai atau mengukur pencapaian program kerja dan anggaran Satuan Kerja (Satker) Kodam XVII/Cenderawasih pada Semester I TA 2022, menginventarisir hambatan dan kendala serta merumuskan langkah solusi pemecahan permasalahan dalam upaya meningkatkan kinerja dan daya serap, dengan mengedepankan pelaksanaan anggaran belanja negara yang dilakukan secara tertib, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab.

“Pada Semester I Tahun 2022 kita ketahui bersama, bahwa dalam masa pemulihan ekonomi setelah wabah Pandemi Covid-19. Ini sangat berdampak besar pada semua sektor, khususnya bidang anggaran, diantaranya kebijakan refocusing dan automatic adjustment yang berdapak pada optimalisasi anggaran serta penundaan beberapa kegiatan. Kondisi tersebut menyebabkan revisi Dipa, pengurangan anggaran Kemhan/TNI dan proporsionalitas penyerapan anggaran yang tidak seimbang sehingga berdampak kepada penumpukan realisasi anggaran diakhir tahun, yang berpotensi kepada kegiatan lintas tahun serta kendala pengelolaan keuangan berupa Ketidaksesuaian antara rencana dan pelaksanaan anggaran,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Kepala Satuan Kerja (Kasatker) harus menyelenggarakan kegiatan pengendalian sesuai dengan ukuran, kompleksitas dan sifat dari tugas serta fungsi Satker yang bersangkutan. Kegiatan pengendalian perlu dilakukan secara terus menerus agar dapat menjamin tercapainya kinerja TNI AD melalui kegiatan yang efektif dan efisien, pembuatan pelaporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan, pengamanan aset kekayaan negara serta kepatuhan terhadap Perundang-Undangan, sekaligus pemanfaatan sistem informasi yang telah tergelar di masing-masing Satker dengan semaksimal mungkin,” tambah Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M.

Lebih lanjut, Pangdam XVII/Cenderawasih menjelaskan sasaran yang hendak dicapai yakni ditemukannya solusi berupa langkah-langkah yang efektif guna memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas-tugas Kodam XVII/Cenderawasih, sehingga menghasilkan langkah antisipatif maupun korektif yang tepat dalam rangka meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran. Sekaligus tercapainya pencapaian sasaran pelaksanaan program kerja dan anggaran, selarasnya tingkat kemajuan fisik dan administrasi dengan realisasi penyerapan anggaran oleh masing-masing Satker Kodam XVII/Cenderawasih sampai dengan Semester I TA 2022, serta terkendalinya kegiatan-kegiatan yang berpotensi lintas tahun.

“Dengan terwujudkan sinergitas di lingkungan Kodam XVII/Cenderawasih, maka keseluruhan program kerja dapat diselenggarakan dan dipertanggungjawabkan, baik dari segi tertib administrasi maupun tertib anggaran. Saya harapkan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu terjadi pada pelaksanaan program dan anggaran dapat dihindari, sehingga peningkatan kinerja satuan dapat tercapai,” kata Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Peringati Harkitnas, Kapoksahli Pangdam Cenderawasih : Menatap Masa Depan dengan Penuh Optimisme, Kepercayaan Diri dan Keyakinan

“Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, merupakan tema yang diusung pada peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional …