Home / Post / Berita / PANGDAM XVII/CENDERAWASIH SECARA RESMI TUTUP PELAKSANAAN TMMD KE 104 WILAYAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

PANGDAM XVII/CENDERAWASIH SECARA RESMI TUTUP PELAKSANAAN TMMD KE 104 WILAYAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

Biak – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring S.Ip secara resmi menutup pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke -104 Kodim 1708/BN di Lapangan SD Makmakerbo Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor, Rabu (27/03/2019).

Penutupan TMMD tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah berita acara penyerahan hasil TMMD ke -104 Tahun Anggaran 2019 oleh Dandim 1708/BN Letkol Inf Ricardo Siregar SH. M. Tr (Han) kepada Kepala DPMK Kabupaten Biak Numfor bapak Setyo Budi dihadapan Pangdam XVII/Cenderawasih.

Dandim 1708/BN Letkol Inf Ricardo Siregar SH. M. Tr (Han) dalam laporannya menyebut bahwa pelaksanaan TMMD ke -104 di Kabupaten Biak Numfor berlangsung dari tanggal 26 Februari 2019 sampai dengan 27 Maret 2019, bertempat di Desa makmakerbo Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor.

Adapun hasil kegiatan TMMD ke -104 Kodim 1708/BN berupa sasaran fisik yaitu pembangunan rumah masyarakat type 45 sebanyak 10 unit, Kemudian untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan KB Kesehatan, Narkoba, Hukum, Wasbang, agama, Kehutanan dan pengobatan massal.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa program TMMD ke-104 dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Nusantara.

“TMMD yang diprogramkan 3 kali di tahun 2019 ini adalah wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat,” kata KASAD.

KASAD mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya.

“Untuk itulah selama TMMD ini para prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan,” kata KASAD dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam XVII/Cenderawasih.

Diakhir sambutan KASAD juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

Seusai upacara, Pangdam XVII/Cenderawasih menyerahkan 10 kunci rumah hasil pekerjaan TMMD kepada 10 warga Desa Makmakerbo yang menerima hak rumah, kemudian Pangdam XVII/Cenderawasih menyerahkan sembako secara simbolis kepada anggota Veteran dan Para Kepala Kampung.

Dalam penutupan TMMD reguler ke – 104 ini, juga diadakan berbagai macam kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal dan pelayanan KB yang yang di dukung oleh personel kesehatan dari tim medis RSUD Biak Numfor, tim medis Puskesmas Marao dan tim medis Denkesyah Biak.

Dan juga pada upacara penutupan TMMD ke – 104 wilayah Biak Numfor ini pula di hibur oleh grup musik bambu KAMEN BEROK binaan Kodim 1708/BN, yang mana pada HUT RI yang ke – 73 tahun 2018 kemarin tampil di istana negara pada saat upacara penurunan bendera.

Turut hadir dalam upacara penutupan TMMD ke – 104 wilayah Kabupaten Biak Numfor diantaranya Bupati Kabupaten Biak Numfor, Bupati Kabupaten Supiori, Danrem 173/PVB, Aster Kasdam XVII/Cenderawasih, Irdam XVII/Cenderawasih, Pangkosekhanudnas IV, Danguskamla, Danlanal, Dandim 1708/BN, Ketua DPRD Biak Numfor, para Dansat TNI POLRI dan masyarakat Distrik Biak Timur serta Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor.

Otentikasi : Kolonel Inf Muhammad Aidi, S.I.P., M.Si.
(Kapendam XVII/Cenderawasih)

About admincen