Home / Post / Berita / Panglima TNI Kunjungi Kodim 1702/Jayawijaya, Guna Berdialog Dengan Pengungsi Kerusuhan Wamena

Panglima TNI Kunjungi Kodim 1702/Jayawijaya, Guna Berdialog Dengan Pengungsi Kerusuhan Wamena

PAPUA,.–Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto, S.H., S.I.P., Kapolri Jenderal Pol Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K), Menteri Sosial Agus G. Kartasasmita, Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian dan melaksanakan peninjauan langsung ke Wamena Papua, pasca kerusuhan yang terjadi pekan lalu. Selasa (08/10/2019).

Situasi Wamena pasca kerusuhan pekan lalu, saat ini sudah berangsur pulih kembali, sekolah, pasar tradisional dan aktifitas masyarakat mulai kemarin (Senin 07/10/2019) sudah mulai berjalan normal.

Dalam kegiatan kali ini, Panglima TNI beserta rombongan mengawali Peninjauan ke Kodim 1702/Jayawijaya. Tak hanya sekedar mengunjungi dan meninjau saja, namun Panglima TNI berdialog langsung dengan masyarakat yang mengungsi ke Kodim 1702/Jayawijaya, hingga saat ini tersisa 624 Pengungsi yang masih bertahan di Kodim 1702/Jayawijaya.

Diakhir kegiatan peninjauan, Menteri Sosial secara simbolis menyerahkan bantuan yang diterima oleh Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon R. Banua guna perbaikan sarana yang kemarin rusak akibat kerusuhan.

Selesai melaksanakan peninjauan, Panglima TNI dan Rombongan menuju Kantor DPRD Wamena untuk melaksanakan Dialog yang dipimpin oleh Menko Polhukam bersama dengan Tokoh Daerah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Wamena.

Dalam dialog tersebut, Menko Polhukam menyampaikan salam dari Bapak Presiden Republik Indonesia bagi masyarakat Wamena dan Presiden melalui Kemensos memberikan bantuan tunai sebesar Rp. 4.792.244.500, untuk perbaikan sarana, prasarana dan tempat tinggal yang telah habis terbakar akibat kerusuhan tersebut.

Menko Polhukam mengharapkan para pengungsi untuk dapat kembali ke wamena untuk bekerja dan beraktifitas seperti biasa guna meningkatkan perekonomian di wamena.

Disamping itu Panglima TNI dan Kapolri menyampaikan akan menjamin keamanan di Wamena, apabila di perlukan penambahan personel TNI dan Polri akan di tambahkan demi keamanan wamena.

About admincen