Pasca Panen, Kodim Boven Digoel Bersihkan Lahan Model Pertanian Terpadu

Boven Digoel – Puluhan personel Kodim Boven Digoel bersihkan lahan jagung pasca panen bertempat di lahan model pertanian terpadu Makodim 1711/BVD, Kampung Mawan, Distrik Mandobo Kab. Boven Digoel, Rabu (19/10/2022).

“Setelah pelaksanaan panen jagung beberapa waktu yang lalu, perlu adanya pembersihan dan pengolahan agar tanah tetap subur,” kata Dandim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, ST., M.I.P.

Ia juga menyampaikan bahwa nantinya akan dilakukan penanaman benih kacang tanah dan sayuran lainnya setelah pembersihan dan penggarapan lahan selesai.

“Ia benar nanti kita akan tanami kembali setelah lahan siap, karena kalau terburu-buru ditebar benih sebelum tanah digemburkan dan dibersihkan bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang berakibat hasil panen kurang memuaskan”, ungkapnya.

Menurutnya, model pertanian terpadu yang digarap Kodim Boven Digoel ini akan berdampak positif dan menjadi contoh bagi masyarakat sekitar sehingga diharapkan dapat mewujudkan persediaan pangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Senada dengan hal tersebut, Pasiter Kodim 1711/BVD Kapten Inf Warsito mengungkapkan bahwa kondisi lahan setelah panen harus dibersihkan dan diolah kembali.

“Tekstur tanah setelah panen pastinya kondisinya agak keras, hal ini diharuskan untuk digemburkan kembali dengan alat seadanya seperti cangkul, skop ataupun lainnya hingga lahan siap ditanami kembali”, tutupnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …