Pastikan Kesiapan Pemilu, Forkopimda Kota Jayapura Kunjungi Gudang Logistik KPU

Jayapura ~ Menjelang Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari mendatang, Forkopimda Kota Jayapura melaksanakan pengecekan sekaligus kunjungan untuk memastikan bahwa segala persiapan terkait yang telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Kegiatan tersebut berlangsung di gudang logistik KPU Kota Jayapura, Jl. Raya Abepura-Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Jumat (9/2/2024).

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Jayapura Dr. Frans Pikey, M.Si., bersama dengan jajaran Forkopimda lainnya, termasuk Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Hendry Widodo, Kapolresta Jayapura Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, SH., S.I.K., MH., M.Si., Kepala Kejaksaan Negeri Kota Jayapura Lukas Alexander Sinuraya, S.H., M.H., Pj. Sekda Kota Jayapura Robby Kepas Awi, S.E., M.M., Ketua KPU Kota Jayapura Octovianus Injama, S.H., M.H., Komandan KAL Piton III-10-19 Satrol Lantamal X beserta pejabat lainnya.

Di sela-sela kunjungannya Pj. Walikota Jayapura mengatakan, “Ini sudah di H-5, sehingga kami bersama Forkopimda Kota datang memastikan kesiapan KPU di gudang logistik,” katanya.

Ia mengungkapkan, kepastian itu terutama untuk logistik ke masing-masing Distrik, Kelurahan dan masing-masing TPS. Ada beberapa hal teknis, namun pihaknya sudah mendiskusikan itu dengan Ketua KPU Kota Jayapura.

“Sesuai laporan ketua KPU Kota Jayapura, bahwa sekitar 95 persen logistik sudah siap diluncurkan. Beberapa persen surat suara yang rusak itu bukan kesalahan di KPU, tapi waktu pengiriman logistik dari pusat, sehingga dalam beberapa hari akan dimasukkan dalam kotak lalu akan didistribusikan ke masing-masing TPS,” ujarnya.

“Kita optimis, karena Pemilu pada 2019 lalu sudah terjadi (ada pengalaman) hingga saya melihat hari ini kesiapan KPU sangat baik, ada sebagian rusak itu bukan di sini tapi dari pusat,” tutup Frans Pekey.

Dandim 1701/Jayapura, yang turut memberikan keterangan mengenai hasil kunjungan tersebut, menyatakan kepuasannya atas kesiapan logistik yang telah disiapkan oleh KPU. Beliau juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh pihak, baik itu masyarakat maupun penyelenggara, untuk menjaga agar proses Pilpres dapat berlangsung dengan lancar dan tertib.

“Kami (Kodim1701/Jayapura) bersama Polresta Jayapura Kota berkomitmen akan mengambil langkah-langkah tegas untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilpres. Kami akan melakukan pengamanan secara maksimal untuk memastikan setiap tahapan pilpres berlangsung dengan aman dan damai,” ungkap Kolonel Hendry.

Dalam kunjungannya, jajaran Forkopimda secara langsung memeriksa kesiapan dan kelengkapan logistik yang akan digunakan dalam pemungutan suara nanti. Mulai dari kotak suara, bilik suara, segel keamanan, hingga surat suara telah diperiksa satu per satu untuk memastikan bahwa tidak ada kekurangan ataupun kecacatan yang dapat mengganggu jalannya proses pemilihan.

Dengan kunjungan ini, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama untuk menjaga integritas dan kredibilitas pilpres, serta memastikan bahwa suara rakyat benar-benar dapat terwakili dengan baik dalam pemilihan kepala negara yang akan datang. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam memastikan bahwa Pilpres berlangsung secara adil, bersih, dan demokratis.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Komsos Jadi Media Babinsa Koramil 1709-03/ Waropen Bawah Dekat Dengan Warganya

Waropen ~ Komunikasi sosial merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat dan …