PASTIKAN KUALITAS KESEHATAN, PUSKESMAS AGIMUGA DAN SATGAS TNI BERSINERGI LAYANI WARGA

Timika – Dalam rangka memastikan dan menjamin kualitas kesehatan masyarakat, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Pos Kiliarma yang berada di bawah Kolakops Korem 174/ATW bersinergi dengan Nakes Puskesmas Agimuga, memberikan pelayanan kesehatan pada siswa-siswi SD YPPK Tilemans Belakmakama dan membagikan kelambu pada masyarakat Kampung Kiliarna Distrik Agimuga Kabupaten Mimika. Selasa (20/4/2021).

Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Letkol Inf Marolop Edison Bala Hutapea, M.Han mengatakan bahwa pelayanan kesehatan pada anak SD YPPK Tilemans Belakmakama difokuskan pada pemberian Imunisasi tambahan.

“Pelayanan difocuskan pemberian kelambu yaitu pembagian kelambu yang memiliki kandungan Insektisida pada masyarakat, bertujuan agar kelambu tersebut, dapat digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk yang akan berdampak pada penularan penyakit malaria,” ungkap Dansatgas.

Lebih lanjut, Letkol Inf Marolop Edison menjelaskan bahwa Kab. Mimika merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Papua yang tergolong tinggi endemik malarianya. Salah satu hal yang menyebabkan daerah-daerah di Papua masih rawan malaria adalah faktor Geografis dan Budaya di wilayah tersebut.

“Wilayah ini termasuk memiliki tingkat endemik tinggi, karena masih banyak masyarakat yang tinggal berdekatan dengan kebun, rawa dan pepohonan yang menjadi sarang nyamuk. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko dari malaria melalui gigitan nyamuk,” jelas Dansatgas.

Letkol Inf Marolop menambahkan terkati di Kiliarma, bahwa penyakit malaria masih menjadi suatu persoalan yang perlu ditangani secara bersama. Karena kurangnya pengetahuan dan edukasi pada masyarakat,  mengakibatkan mereka tidak begitu paham akan bahaya dari penyakit tersebut.

“Untuk mengatasi masalah itu di Kiliarma, saya sudah perintahkan dipimpin Tenaga Kesehatan yaitu Praka Usman untuk bersama Pegawai Puskesmas Agimuga turun langsung ke lapangan memberikan pelayanan kesehatan berupa Imunisasi tambahan di SD YPPK Tilemans Belakmakama,” tambah Letkol Inf Marolop.

“Demikian pula memberikan imunisasi, dengan tujuan pemberian Imunisasi tambahan, agar para murid memiliki perlindungan penuh dan tidak mudah terserang penyakit. Sementara pembagian kelambu bertujuan untuk digunakan masyarakat mencegah gigitan nyamuk malaria, ” pungkas Letkol Imf Marolop.

“Kami berharap semoga dengan sinergitas yang baik dalam pelayanan kesehatan ini, akan berdampak positif pada perbaikan kualitas dan tingkat kesehatan masyarakat, khususnya di Kampung Kiliarma. Dan penularan penyakit malaria dapat di tekan penyebarannya, sehingga kedepannya endemik malaria di Kabupaten Mimika dapat berkurang,” harap Letkol Hutapea.

Sementara itu Kepala Puskesmas Agimuga Bapak Solihin, Amk mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan partisipasi Pos Kiliarma Satgas Yonif 756/WMS dalam membantu Nakes Puskesmas Kiliarma memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Kami mewakili seluruh Nakes Puskesmas Agimuga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi ketulusan bapak-bapak TNI Yonif 756/WMS dalam kepeduliannya pada kesehatan masyarakat Kiliarma. Semoga hal positif seperti ini terus dilakukan bapak-bapak sekalian dimanapun bertugas,” ucap Bapak Solihin.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PERERAT SILATURAHMI, BABINSA KODIM MIMIKA BAGIKAN BINGKISAN KE WARGA

Timika – Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Suriansyah melaksanakan kegiatan bersama warga binaan di Kampung Jila, …