Home / Post / Berita / Patroli TNI Amankan Hutan Wambes Dari Pembalakan Liar

Patroli TNI Amankan Hutan Wambes Dari Pembalakan Liar

Keerom – Personel Pos Wambes dipimpin Letda Czi M. Rahmat melaksanakan patroli keamanan di wilayah Pos Wambes Pir V, Distrik Mannem, Kab. Keerom. Rabu,18 September 2019.

Sudah bukan rahasia umum bahwa pembalakan liar masih sering terjadi diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak terkecuali di Provinsi Papua.

Berdasarkan informasi yang diterima dari beberapa orang masyarakat di Desa Wambes bahwa sering terjadi adanya pembalakan liar di hutan yang tidak terlalu jauh dari pos yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak dikenal.

Pembalakan liar sangat merugikan untuk ekosistem hutan yang berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup manusia.

Untuk menghindari terjadinya pembalakan liar yang dilakukan terus menerus maka Pos Wambes melaksanakan Patroli Keamanan yang merupakan tugas pokok untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI serta untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di sekitar pos yang menjadi desa binaan.

Selanjutnya Anggota Pos Wambes bergerak menuju hutan Wambes yang dimaksud, dengan penuh kehati-hatian dan penuh kewaspadaan, medan yang dilalui penuh dengan tantangan dikarenakan hutan tersebut masih terbilang lebat dan banyaknya rawa-rawa kecil yang menyulitkan untuk dilewati.

Tetapi tantangan dan hambatan diperjalanan itu tidak menyurutkan tekad yang dipegang kuat oleh Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos Wambes.

Keluhan masyarakat yang disampaikan tentang adanya pembalakan liar yang terjadi dihutan desanya, Pos Wambes dengan cepat menanggapi dan segera membantu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kepala Desa Wambes Bpk. Frans Abbar mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan sangat bangga atas apa yang dilakukan oleh Personel Pos Wambes melalui kegiatan patroli keamanan yang sedikit banyak pasti akan mempengaruhi dan mengurangi terjadinya pembalakan liar.

“Hal yang paling penting bagi masyarakat Desa Wambes adalah semuanya masyarakat merasa nyaman dalam beraktivitas dan itu semua atas keberadaan Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw (Pos Wambes) yang sering rutin melaksanakan kegiatan patroli keamanan”, tutur kepala desa.

Sinergitas antara TNI dan Masyarakat telah dicapai dan dijalankan dengan baik oleh Personel Pos Wambes sehingga tercipta kerjasama yang lebih baik untuk menghasilkan suatu tujuan kearah yang lebih maju lagi. (Prod/Cen)

About admincen