Peduli Lansia, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Bimbing Menjadi Sehat, Aktif, Mandiri Dan Produktif

Puncak Jaya – Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks, Posramil Kalome mengawali dengan mengaktifkan Posyandu Lansia yang bertempat di SDN Kalome Kampung Aulakme Distrik Kalome, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Jumat (25/11/2022).

Kegiatan tersebut melibatkan Bintara Kesehatan Posramil Kalome Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301 Pks Serka Samsul dan Sertu Dadang, kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIT dengan melakukan pemeriksaan tanda vital, tekanan darah, nadi, dan berat badan.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, Bintara Kesehatan Sertu Dadang memberikan penjelasan Lansia merupakan sebuah siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang. Kenyataan saat ini setiap kali menyebut kata Lansia, yang tersirat dibenak kita adalah seorang yang tidak berdaya dan memiliki banyak keluhan kesehatan. Padahal Lansia sebenarnya dapat berdaya sebagai subyek dalam pembangunan kesehatan.

“Lansia yang sehat harus diberdayakan agar tetap sehat dan mandiri selama mungkin, salah satunya untuk memberdayakan Lansia di masyarakat adalah melalui pembentukan dan pembinaan kelompok Lansia yang ada dibeberapa daerah disebut dengan Posyandu Lansia,” tutur Sertu Dadang.

Sementara itu, Danposramil Kalome Lettu Inf Adhega, dalam sesi penjelasan tambahan mengatakan saat ini masih bisa melakukan aktivitas bekerja ke kebun atau ke ladang, menunjukan bahwa Lansia sehat.

“Ini menandakan bahwa pada waktu muda pola hidupnya juga pasti sehat, hidup sehat harus dimulai sejak muda,” ujar Danposramil.

Ditempat berbeda, Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dalam keterangannya mengatakan dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa menjadi momentum bagi para Lansia untuk menyerukan kepada generasi muda di Distrik Kalome, khususnya yang masih muda bahwa menjaga kesehatan sejak dini.

“Ini merupakan investasi yang berharga, sehingga pada saatnya nanti setiap individu mampu menjadi Lansia yang sehat, Lansia yang aktif, mandiri, dan produktif,” pungkas Dansatgas.

Masyarakat Distrik Kalome sangat senang dan antusias dengan diadakannya kegiatan seperti ini, dalam penyampaian pesan dan kesan, mama Berimenda Kogoya (65) menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada Bapak TNI Pos Kalome Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks yang telah banyak membantu mama dan yang lainnya.

“Terima kasih Nak, semoga kalian selalu diberkati,” ungkap Mama Berimenda Kogoya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Karya Bakti Dan Bakti Sosial Rindam Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Sentani – Sebagai satuan yang berkedudukan di bawah, maka Rindam XVII/Cen ikut berpartisipasi dalam rangka …