Pelatihan Operator Alat Berat Untuk OAP Selesai Digelar Kodam XVII/Cenderawasih, Peserta Dinyatakan Kompeten

Jayapura – Kegiatan Vokasi Pelatihan Operator Alat Berat untuk Orang Asli Papua (OAP) di wilayah Jayapura TA 2023 yang diselenggarakan oleh Kodam XVII/Cenderawasih bekerjasama dengan Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura dan Pemda Kab. Jayapura, sejak 20 Februari sampai dengan 3 Maret 2023 telah selesai mengasilkan peserta yang kompeten sebagai operator Alat Berat.

Uji Sertifikasi dari pelatihan tersebut dilaksanakan oleh LSP Petakindo pada Kamis, 2 Maret 2023 dengan hasil 15 peserta dinyatakan kompeten dan akan menerima Sertifikat Kompetensi sebagai operator alat berat yang akan dikeluarkan oleh BNSP dalam jangka waktu 14 hari kerja.

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya, Jumat (10/3/2023).

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan di Asrama Denzipur 10/KYD dan Mess Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura tersebut mendapat respon positif dari berbagai kalangan karena telah mencetak sumber daya manusia (SDM) yang nantinya berguna bagi pembangunan di Papua ataupun di Provinsi yang baru di wilayah Papua.

Seperti yang diungkapan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Rabu (8/3/2023) saat menerima kedatangan Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura Bapak Chandra Permana S.T., Pj Bupati Jayapura Bapak Tri Warno, S. STP., M.Si., beserta rombongan ke Makodam XVII/Cenderawasih.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Balai Jasa Konstruksi Wil VII Jayapura dan Pemda Kab Jayapura yang telah bekerjasama dengan Kodam XVII/Cenderawasih dalam pelaksanaan latihan Operator Alat Berat untuk Pemuda Asli Papua di Denzipur 10/KYD beberapa waktu yang lalu, Ke depan kegiatan pelatihan untuk membentuk sumber daya manusia khususnya OAP secara masif di wilayah Papua, baik di Merauke dan Nabire, Timika dan wilayah lainnya dengan bersinergi antara Kodam, Balai Jasa Konstruksi dan Pemerintah Daerah, serta unsur stake holder lainnya,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Hasil pelatihan nantinya diharapkan bisa digunakan untuk mendukung pembangunan provinsi yang baru,” tambah Mayjen TNI Muh. Saleh Mustafa.

Para peserta kegiatan 15 orang selama pelatihan sangat antusias mengikuti seluruh materi, baik saat materi di dalam ruangan maupun aplikasi di lapangan. Peserta pelatihan diantaranya.

– Daniel Yaku

– Yohanis Okoseray

– Richardo Fransisco Kopeuw

– Gary H. Joku

– Fredd Felix Tame

– Yusto W. Tungkoye

– Andre Toam

– Marthen L.E.H. Pepuho

– Marvid Kholar Indey

– Markus Serontouw

– Wahyu Rivaldo Eluay

– Leonard Nerotouw

– Nico Mariogau Yoku

– Mychael Wasanggai

– Habel F. Rumbekwan

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Puncak Jaya ~ Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Sertu Sugiyanto melaksanakan Komsos Kreatif dengan membangun keakraban dan …