Pemberdayaan Masyarakat, Satgas TNI 113/JS Budidaya Pembibitan Kopi Arabika 113 Mulia Super

Puncak Jaya – Dalam rangka pembinaan teritorial Satgas Yonif Raider Khusus 113/ JS lakukan budidaya pembibitan kopi Arabika 113 mulia super untuk pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan khususnya di Kampung Pruleme Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya, Senin (26/9/2022).

Terkait kegiatan budidaya tersebut, Dansatgas Yonif Raider Khusus 113/JS Letkol Inf Sapto Broto, SE.,M.si., mengatakan kegiatan pembudidayaan bibit kopi adalah salah satu program Binter unggulan Satgas Yonif Raider Khusus 113/JS.

“Bibit kopi arabika pilihan memang sudah disiapkan sebelum berangkat tugas ke tanah Papua ini, dan anggota diberi pelatihan khusus untuk menangani pembibitan kopi mulai dari penyiapan tempat pesemaian bibit, pemindahan bibit kedalam polybag dan perawatan bibit ini dilakukan di dalam halaman Pos Kotis Masatgas sebanyak 25.000,” terang Dansatgas.

“Bibit kopi ini nantinya apabila sudah berumur 3 bulan dan diperkirakan akhir November tahun ini akan dibagikan kepada masyarakat Puncak Jaya untuk ditanam dikebun masyarakat,” jelasnya pada saat ditemui di Pos.

Kopi arabika mempunyai karakteristik ditanam diketinggian 1500 sampai dengan 2000 mdpl, daerah Kabupaten Puncak Jaya dengan ketinggian 1800 sampai dengan 2450 mdpl sehingga memenuhi syarat untuk ditanami kopi arabika, kemudian tanaman kopi arabika apabila dikelola dengan baik oleh masyarakat, akan memberikan ruang dan manfaat bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarkat.

Lebih lanjut, Letkol Inf Sapto Broto, S.E.., M.si., mengungkapkan kegiatan tersebut adalah momen untuk mendekatkan Satgas Yonif Raider Khusus 113/JS kepada masyarakat lokal Kabupaten Puncak Jaya.

Sementara itu, Hengki Wonda (35) Salah satu warga dari Kampung Pruleme sangat mengapresiasi kegiatan pembibitan kopi yang dilakukan oleh TNI.

“Harapannya bibit- bibit kopi ini nantinya apabila sudah bisa ditanam dikebun akan berdampak positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Jaga Kesehatan Tubuh, Dandim Merauke Pimpin Olahraga Bersama

Merauke ~ Guna menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu …