Pentingnya Hidup Bersih, Satgas Yonif R 142/KJ Ajarkan Anak-Anak Menggosok Gigi Yang Benar

Mamberamo – Pengetahuan tentang pola hidup bersih dan sehat hendaknya terus dijaga sejak dini, oleh karena itu Satgas Yonif Radeir 142/KJ melalui Pos Kelila memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang tata cara menggosok gigi yang baik dan benar, dilakukan di Pos Kelila, Distrik Kelila, Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan Tengah, Sabtu (22/10/2022).

Dalam keterangannya, Danpos Kelila Satgas Yonif Raider 142/KJ Lettu Inf Sahita Gurusinga menyampaikan bahwa dirinya mengajak anak-anak yang berada di Kampung Kelila sekitaran Pos untuk hadir ke Pos untuk diajarkan kepada anak-anak tata cara menggosok gigi yang baik dan benar.

“Apa yang kita sampaikan disambut baik oleh anak-anak, setelah itu personel kita mempraktekkan terlebih dahulu cara menggosok gigi antara lain, genggam sikat gigi dan letakkan pasta gigi di atas sikat gigi, gosok atau sikatlah gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar selama 20 detik setiap bagian. Gosok gigi dengan perlahan karena dikhawatirkan kalau cepat akan terkena gusi, nanti gusi bakal bengkak, karena kalau lambat, hasil lebih bersih akan didapatkan secara efektif.

Berkumurlah secukupnya dengan air bersih untuk membersihkan gigi. Gigi kembali bersih bebas dari bakteri”, jelas Danpos Lettu Inf Sahita Gurusinga.

“Hendaknya gigi dibersihkan minimal 2x sehari, yaitu pada saat bangun atau mandi pagi dan mandi sore, lebih baik sebelum tidur agar menggosok gigi”, imbuhnya.

Lebih lanjut, setelah dipraktekkan oleh personel TNI. Setiap anak mempraktekkan masing-masing, mereka diberikan setiap anak 1 sikat gigi, dengan riang gembira mereka melaksanakan gosok gigi.

“Setelah kita tanya, anak-anak kebanyakan belum memiliki kesadaran menjaga dan merawat giginya, kegiatan yang kita lakukan ini agar menjadikan rutinitas anak-anak setiap hari untuk menggosok serta dapat merawat gigi secara maksimal, sehingga gigi tampak sehat, kuat tanpa takut bau mulut serta gigi berlubang”, kata Danpos.

Jefferson (8) yang merupakan salah satu anak kampung kelila mengaku senang dan gembira diajari tata cara menggosok gigi.

“Terima kasih Om Tentara, Jefferson sudah bisa gosok gigi dengan baik, senang kita om”, singkatnya senang.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …