PERAN SERTA BABINSA KORAMIL 1705-01/NABIRE IKUT PEMBERSIHAN SALURAN IRIGASI DI KAMPUNG WADIO

Nabire – Babinsa Koramil 1705-01/Nabire Kampung Wadio SP3 Serma Saiful Hadi bersama petugas pengairan yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) melaksanakan pembersihan saluran irigasi di Kampung Wadio SP3, Distrik Nabire Barat, Kabupaten Nabire, Kamis (25/11/21).

Kegiatan pembersihkan irigasi yang dilakukan bertujuan agar saluran air dapat mengalir dengan lancar menuju ke sawah, sehingga tanaman yang di tanam warga bisa tambah subur dan dapat dipanen sesuai harapan.

Dalam musim hujan seperti sekarang ini banyak sampah-sampah menumpuk terbawa aliran air dan menyumbat di pintu air saluran irigasi. Maka dari itu para petani harus rajin melakukan pembersihan agar air dapat mengalir lancar ke sawah.

Kebutuhan air memang sangat diperlukan para petani, sehingga banyak petani yang komplain jika ketersediaan air terbatas. Dalam Program Swasembada pangan ini merupakan program dari pemerintah yang tertuang dalam program Nawacita sehingga harus kita dukung bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya di wilayah Distrik Nabire Barat, Kabupaten Nabire.

Bapak Kusno Sukrisno sebagai petugas pembagi air sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 1705-01/Nabire Kampung Wadio SP3 yang selama ini rutin mendampingi kegiatan petani dan Petugas P3A memeriksa saluran-saluran air, terutama selama musim penghujan.

Pasalnya jika tidak diperiksa saluran air yang tersumbat bisa mengakibatkan banjir dan air yang seharusnya bisa dialirkan ke lahan persawahan tidak terbuang percuma. (Prod/Cen)

Check Also

JAJARAN KODIM, POLRI, PEMDA SERTA YAYASAN BUDDHA TZU CHI VAKSINASI MASSAL DI KAMPUNG WARSANSAN

Biak Utara – Kodim 1708/Biak Numfor, Polres Biak Numfor, Pemda dan Yayasan Buddha Tzu Chi …