Pererat Tali Silaturahmi, Satgas TNI 303 Lakukan Anjangsana Ke Rumah Warga

Puncak – Pos Gome Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM dipimpin oleh Kapten Inf Rendy melaksanakan anjangsana atau berkunjung ke rumah warga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat di Distrik Gome, Kabupaten Puncak. Papua, Selasa (20/09/2022).

Saat dikonfirmasi kegiatan tersebut, Dansatgas Satuan Organik Yonif R 303/SSM Mayor Inf Slamet Faojan M. Han menuturkan bahwa berbagai cara dilakukan Satgas untuk terus mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Papua, salah satunya melalui kegiatan anjangsana atau berkunjung rumah warga maupun yang di honai dan kali ini anjangsana di Kampung Gome

Anjangsana merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Prajurit TNI. Melalui anjangsana maka terjalin komunikasi dan dapat mengetahui kondisi masyarakat dan perkembangan situasi, serta tercipta kedekatan antara personel Satgas dengan masyarakat.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota Satgas Yonif Raider 303/SSM yang berada di wilayah Ilaga agar kehadiran mereka ditengah masyarakat dapat benar-benar memberikan manfaat, dan bisa mengatasi kesulitan masyarakat ditengah keterbatasannya, sehingga kami dapat berpartisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan wilayah Papua,” ujar Dansatgas.

Dalam anjangsana tersebut, Danpos Gome Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM Kapten Inf Rendy menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dan berdialog dengan masyarakat di Desa Gome, sehingga membangkitkan rasa persaudaraan dan kepedulian, sehingga anggota tidak merasakan terisolasi karena telah memiliki keluarga baru.

“Selain menjalankan tugas untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah Papua, kami juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial anjangsana kepada masyarakat sebagai upaya untuk mengetahui kesulitan masyarakat, menanamkan kecintaan kepada NKRI dan mempererat silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat setempat. Kami berkunjung kerumah masyarakat sekitar maupun honai dengan tujuan melihat kondisi langsung masyarakat sekitar Pos kami,” ungkap Danpos Gome Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM Kapten Inf Rendy

“Kegiatan seperti ini akan tetap dilakukan karena anjangsana merupakan kegiatan¬†sosial yang positif, perlu secara berkelanjutan dilakukan. Ini sangat penting untuk mengingatkan kepada setiap prajurit bahwa TNI berasal dari rakyat dan akan kembali lagi kehidupan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Efa (50) salah satu masyarakat Gome, mengungkapkan dirinya sangat senang dengan kehadiran anggota Pos TNI yang berkunjung di honainya.

Menurutnya, keberadaan anggota TNI kerap membantu masyarakat yang kesulitan, sehingga tidak heran, kehadiran anggota TNI mendapat sambutan hangat dari masyarakat di kampung tersebut.

“Bapak dari Pos sangat membantu, TNI sering datang cek keadaan kita di kampung, kalau kita ada sulit mereka langsung bantu tanpa pamrih,” ucap Efa.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Manunggal Dengan Rakyat, Babinsa Yaptim Bantu Warga Bangun Rumah

Yapen ~ Sebagai bukti kemanunggalan TNI dan rakyat terealisasi dengan baik diwilayah binaannya, Sertu Patrik …