Peringati Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun, Kodim 1703/Deiyai Gelar Karya Bakti

Deiyai ~ Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2023, Kodim 1703/Deiyai menggelar karya bakti pembersihan di sepanjang jalan perkantoran Kabupaten Deiyai, Jln. Tigi Dow, Papua Tengah, Kamis (14/12/2023).

Dandim Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto, S.E, yang di wakili Kasdim 1703/Deiyai Mayor Inf Elihud Krey mengatakan karya bakti kali ini dilaksanakan oleh TNI-Polri, Satpol PP dan komponen masyarakat setempat dengan harapan untuk kenyamanan.

“Karya bakti ini bertujuan untuk makin meningkatkan kemanunggalan TNI AD dan masyarakat, menjalin silaturrahmi sekaligus bentuk komunikasi sosial (Komsos) dalam menciptakan suasana aman dan nyaman,” kata Kasdim.

Lebih lanjut, dijelaskan Kasdim makna dari Hari Juang Kartika diperingati untuk mengenang pertempuran Ambarawa sebelumnya bernama Hari Infanteri, dan Jenderal Soedirman waktu itu sebagai pemimpin pasukan menegaskan perlunya mengusir tentara sekutu dari Ambarawa secepat mungkin.

“Pengusiran tentara sekutu tersebut dilatar belakangi sekutu akan menjadikan Ambarawa sebagai basis kekuatan untuk merebut Jawa Tengah, sehingga Jenderal Soedirman beserta pasukan melakukan perlawanan untuk mengusir sekutu dari tanah air demi tegaknya NKRI,” tambahnya.

Tak hanya itu, selain melakukan pembersihan jalan, diadakan juga penanaman pohon yang dilakukan oleh Kasdim 1703/Deiyai dan Wakapolres Deiyai beserta elemen masyarakat dengan tujuan mencegah banjir dan tanah longsor.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …