Peringati HUT Ke-58, Prajurit TNI Kirab Tunggul Yonif RK 751/VJS

Dalam rangka memperingati HUT Ke-58 Yonif RK 751/VJS, Danyonif RK 751/VJS Mayor Inf Untung Iswahyudi S.Sos., M.Hum., M.Han., memimpin acara tradisi satuan Kirab Tunggul Yonif RK 751/VJS, dimulai dari Markas Yonif RK 751 menuju Bandara Sentani Jayapura dan diakhiri dengan Kirab di dalam satuan Yonif RK 751/VJS, Kamis (11/8/2022).

Demikian disampaikan Danyonif RK 751/VJS Mayor Inf Untung Iswahyudi S.Sos., M.Hum., M.Han., dalam keterangannya saat ditemui di Markas Yonif RK 751/VJS di Sentani, Jayapura, Sabtu (13/8/2022).

Kirab Tunggul tersebut, merupakan tradisi satuan yang selalu dilaksanakan setiap tahun menjelang HUT Yonif RK 751/VJS.

“Acara tradisi satuan tersebut merupakan salah satu wujud dan upaya untuk mendekatkan dan mempresentasikan Yonif RK 751/VJS kepada seluruh masyarakat, bahwa satuan ini milik warga Papua, khususnya di Jayapura,” jelas Danyonif.

“Acara tradisi Kirab yang dilaksanakan setiap peringatan HUT, adalah suatu wujud gambaran bahwa Yonif RK 751/VJS lahir dan besar bersama masyarakat,” imbuhnya.

Acara tradisi kirab tunggul diikuti oleh 400 Prajurit Yonif RK 751/VJS, selain Alutsista ada pula bendera masing-masing Kompi.

Sementara itu, Ustadz Goffur selaku Imam Masjid Moqarommah yang juga hadir menyaksikan mengatakan acara tersebut selalu dilakukan tiap tahun karena dirinya sebagai warga disekitar Sentani, merasa turut bangga dengan adanya kegiatan tersebut.

“Kami warga merasa dekat dan memiliki satuan Yonif RK 751/VJS,” singkatnya.

Acara Kirab dilaksanakan pada malam hari, Diakhiri dengan acara Penjemasan Tunggul Yonif RK 751/VJS di lapangan Markas Yonif RK 751VJS dengan disaksikan seluruh prajurit serta 30 Persit KCK Cabang XXX Kodam XVII/Cenderawasih.

Diungkapkan Danyonif RK 751/VJS, bahwa dirinya berpesan untuk menghargai perjuangan leluhur, karena sebagai generasu penerus wajib untuk terus melanjutkan perjuangan.

“Yonif RK 751/VJS milik seluruh masyarakat Papua, sudah sepat kita jaga dan besarkan, sehingga kita dapat mengawal perdamaian di Tanah Papua menjadi lebih maju dan jaya,” pungkas Danyonif RK 751/VJS.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Danrem 174/ATW Ikuti Vicon Peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., beserta Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. …