PERLANCAR IRIGASI, BABINSA NABIRE BERSAMA WARGA BERSIHKAN SALURAN AIR

Nabire ~ Musim hujan merupakan musim dimana para petani bersiap untuk menanam padi. Untuk menunjang hal tersebut warga juga melaksanakan gotong royong pembersihan saluran irigasi sepanjang 1,5 km di Kampung Bumi Raya  SP1, Distrik Nabire Barat bersama Babinsa Koramil 1705-01/Nabire Koptu Syarifudin, Minggu (31/10/21).

Tujuan kegiatan ini untuk membersihkan saluran irigasi yang sudah banyak ditumbuhi tanaman liar dan banyak sampah yang bisa menghambat aliran air ke sawah sawah para petani juga untuk lebih mempererat hubungan tali silaturahim melalui metode gotong royong.

Gotong royong yang dipimpin Babinsa Koramil 1705-01/Nabire, bersama masyarakat dan GP3A (Gabungan Perkumpulan Pemakai Air) terlihat semangat dan bahu membahu membersihkan saluran air dari tumpukan sampah maupun sedimentasi tanah dipinggir saluran irigasi.

“Saluran iringasi ini akan mengairi lahan pertanian milik masyarakat Kampung Bumi Raya SP1 seluas kurang lebih 150 hektar. Gotong royong pembersihan saluran irigasi sekunder dihadiri masyarakat Kampung Bumi Raya SP1 Juru Kunci pengairan wilayah Distrik Nabire Barat dan juga Kelompok Tani Kampung Bumi Raya SP1”, ujar Babinsa.

Babinsa menambahkan, “Apabila saluran air tidak dibersihkan maka aliran air akan terhambat, itu akan merugikan kita semua. Karena jika saluran air terhambat bukannya air mengalir kelahan petani malah bisa akan terjadi banjir. Itu semua di karenakan banyaknya tumbuhan liar ataupun sampah yang ada di saluran air”, ucap Babinsa.

Ketua GP3A (Gabungan Perkumpulan Pemakai Air) Bapak Purwo Sukrisno memberikan apresiasi kepada Babinsa Koramil 1705-01 /Nabire yang mana sudah mengajak masyarakat dan instansi terkait bersinergi membersihkan saluran irigasi untuk pertanian.

“Ini upaya yang bagus untuk mendukung peningkatan produk pertanian, apalagi sekarang musim hujan, air akan berlimpah”, ujar Bapak Purwo. (Prod/Cen)

Check Also

Gencarkan Program Hanpangan, Kodim 1708/BN Panen Bersama Pemda Kabupaten Biak Numfor Beserta Kelompok Tani Kajasbo

Biak ~ Plh. Kasdim 1708/BN Mayor CKu (K) Patresia Siante Dandim didampingi Danposramil 1708-01/Biak Timur …