Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat Datang Ke Puncak Jaya Gelar Baksos Dan Operasi Katarak

Puncak Jaya – Kedatangan rombongan pendahulu tim Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) di Bandar Udara Mulia, Jln. Pepera Distrik Mulia Kab. Puncak Jaya, dalam rangka kegiatan Baksos dan Operasi Katarak, Senin (30/1/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Rombongan Tim dari PPAD, tampak terlihat Ketua Tim PPAD Mayjen TNI (Purn) Johny Lumban Tobing, Mayjen TNI (Purn) Eko Budi Soepriyanto, Brigjen TNI (Purn) Tumino Hadi, Brigjen TNI (Purn) Bambang Irianto, Brigjen TNI (Purn) Ariswan Boer, Waas ops Kodam XVII/ Cendrawasih Letkol Inf Aris Budi Situmeang, S.Ip., M.Tr.Han., Waaster Kodam XVII/Cendrawasih Letkol Inf Beni Asman.

 

Kegiatan rombongan PPAD tiba RSUD Mulia di jalan trans Papua, kemudian melakukan pengecekan tempat Operasi Katarak.

Tak hanya itu, rombongan juga menuju Kodim 1714/PJ. Pada kesempatan tersebut Perwakilan ketua Tim PPAD Mayjen TNI (Purn) Eko Budi Soepriyanto, menyampaikan datang dari Jakarta dan tiba di Puncak Jaya dengan misi yaitu bantuan kemanusiaan atau lebih tepatnya bantuan Sembako dan bantuan Operasi Katarak mata.

“Perlu saya sampaikan selaku Ketua tim PPAD bahwa kehadiran kita di Puncak Jaya tidaklah sendiri tetapi kami juga membawa wartawan dan dokter-dokter yang merupakan persatuan seluruh dokter Indonesia,” jelasnya.

“Kegiatan ini merupakan hari ke tiga sejak kami berada di Mulia kegiatan operasi katarak sudah kami laksanakan dengan total penyembuhan sekitar 140 orang pasien.”

“Kalau ada disini masyarakat yang mungkin belum tahu kegiatan ini bisa kembali ke rumah untuk sampaikan kepada saudara sehingga dapat mengikuti kegiatan acara yang tentunya tidak di pungut biaya sepeserpun,” pungkas Mayjen TNI (Purn) Eko Budi Soepriyanto.

Di tempat yang sama Ketua Persekutuan Dokter Spesialis Mata Indonesia dr. Andreas Septiandi mengatakan bantuan untuk pasien yang telah selesai dilakukan operasi katarak di RSUD Mulia yaitu Sembako diantaranya berupa kain selimut, kelambu serta obat-obatan seperti vitamin sangat berguna untuk proses pemulihan pasien Katarak.

“Tentu bantuan ini nantinya diberikan khusus untuk pasien Katarak dan kami usahakan bantuan bisa di salurkan kepada seluruh masyarakat,” jelasnya.

“Rencananya operasi katarak ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 1 Februari 2023 yang akan dihadiri juga oleh Bapak Pangdam XVll/ Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa,” tambah Ketua Persekutuan Dokter Spesialis Mata Indonesia dr. Andreas Septiandi.

Sementara itu, Pj Bupati Puncak Jaya H. Tumiran, S.Sos., M.Ap menyampaikan PPAD adalah sebuah organisasi Purnawirawan seluruh Indonesia yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat, Bantuan yang telah diberikan oleh PPAD diantaranya pembagian kain selimut, kain kelambu dan yang paling menyentuh ialah Operasi Katarak mata.

“Perlu saya tegaskan disini adalah seluruh kegiatan tersebut adalah murni kegiatan bakti sosial, sehingga kami Pemda setempat berharap kepada masyarakat bahwa ini tidak kaitannya dengan politik,” tegasnya

“Kami atas nama Pemerintahan Daerah mengucapkan banyak terimakasih kepada tim PPAD, perlu kami laporkan juga masyarakat kami betul-betul sangat membantu dan kami ucapkan terimakasih Kinaonak Wa Wa Wa,” pungkas H. Tumiran selaku PJ Bupati Puncak Jaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danyon Satgas Yonif 113/JS Letkol Inf Sapto Broto, S.E., Dansatgas Yonif R 712/Wiratama Letkol Inf Mardian Surya, Kapos Elang lll Mayor Chb Yan Stepanus, Wadan Denintel Kodam XVII/Cendrawasih Mayor Inf Fujika Robet, Pasi OPS Kodim 1714/PJ Kapten Inf Daniel Sine, Danpos Paskhas Yonko 468/Sarotama-Biak Lettu Pas Pandu Bhuwana Yudha, S.Tr. Han, mantan Wakil Bupati Kabupaten Puncak Jaya Deinas Geley, S.Sos., M.Si.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …