Pimpin Persami, Pangdam Cenderawasih : Penanam Pohon Untuk Cegah Bencana Dan Jadikan Hutan Sebagai Sumber Kehidupan

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cen Ny. Juliet Izak Pangemanan secara resmi membuka upacara Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika TA 2024, bertempat di Lapangan Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Jl. Buper, Waena, Kec. Heram, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (3/2/2024).

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

“Kegiatan Persami ini diikuti sebanyak 330 siswa dari 5 SMK/SMA di Kota dan Kabupaten Jayapura. Dan bertujuan untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar,” pungkas Kapendam.

Kegiatan perkemahan yang digelar serentak secara Nasional di setiap Kodam dan Korem ini dibuka oleh Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., secara virtual.

Dalam sambutannya Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang dibacakan Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota Pramuka.

“TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945,” jelas Pangdam.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. Selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Makna dari tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.”

“Ilmu yang nantinya didapatkan agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan akan menjadikan generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar,” tutup Pangdam.

Di tempat yang sama, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Papua, Ibu Christina Luluporo Mano mengapresiasi kepada Saka Wira Kartika yang telah mencanangkan gerakan cinta alam.

Usai upacara dilanjutkan dengan penanaman pohon di area lokasi perkemahan. Sedikitnya ada 1.000 bibit pohon untuk ditanam, antara lain : pohon matoa, nangka, kayu besi, pucuk merah, tranbesi, ketapang hijau, tanjung dan pohon cemara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Hariyanto, Irdam XVII/Cen Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono, S.I.P., Para Asisten Kasdam XVII/Cen, Para Pejabat dan Dansat/Kabalak Kodam XVII/Cen beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cen, dan perwakilan Forkopimda Papua, para pengurus gerakan pramuka tingkat daerah, cabang dan ranting. Pimpinan Bank BI, Papua, BRI, BNI dan Mandiri

Check Also

Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Puncak Jaya ~ Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Sertu Sugiyanto melaksanakan Komsos Kreatif dengan membangun keakraban dan …