Prajurit Rusa Hitam 721 Datangi Pasar Pirime Gelar Program Semar dan Masino

Pagi hari yang Dingin dan Berkabut, Personel Satgas Yonif 721/Mks Pos Pirime  melaksanakan Semar (Senin Masero) atau dalam bahasa Indonesia yang artinya Senin bersih dan Masino (Manggalli Asselo Lino) yang artinya membeli hasil bumi di pasar Pirime Distrik Pirime, Kab. Lanny Jaya, Papua Pegunungan, Senin, (15/4/2024).

Antuasias masyarakat bukan hanya datang dari orang tua saja, remaja dan anak-anak juga turut hadir dan melaksanakan pembersihan bersama dengan personel Pos Pirime, ada yang melaksanakan babat rumput, menyapu, dan pembersihan got/saluran air yang berada di sekitar pasar.

Setelah kegiatan pembersihan pasar selesai, personel Pos Pirime melanjutkan dengan kegiatan membeli hasil bumi, beberapa personel dari Pos Pirime memborong sayur dan buah-buahan yang di jual oleh Mama-mama di Pasar Pirime.

Danpos Pirime Lettu Inf Rendi Agung D.P Menjelaskan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan kali ini adalah SEMAR (Senin Masero) dan MASINO (Manggalli Asselo Lino) sebagai bentuk perhatian TNI terhadap masyarakat sekitar.

“Seperti judul program yang kita buat yaitu senin bersih dan membeli hasil bumi, kegiatan kali ini kami bersama masyarakat melaksanakan pembersihan Pasar Pirime yang kemudian dilanjutkan dengan memborong hasil bumi yang di jual oleh Mama-mama di Pasar Pirime,” ucap Danpos.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian TNI dalam membantu masyarakat khususnya Distrik Pirime dalam menjaga kebersihan di wilayah Pasar Pirime, untuk menjaga kebersihan pasar serta menyatukan kebersamaan antara anggota satgas Yonif 721/Mks dengan masyrakat Papua maupun pendatang,” tambahnya.

Danpos Pirime juga berharap pembelian hasil bumi dari masyarakat dapat mengurangi dampak minimnya pendapatan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Distrik Pirime.

Salah satu penjual, Mama Lani Wanimbo (40) mengucapkan terima kasih kepada personel Pos Pirime karena sudah membantu membersihkan Pasar dan membeli hasil bumi mereka.

“Puji Tuhan, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak TNI. Pasar tempat kami berjualan sekarang menjadi nersih dan nyaman untuk kami tempati dan hasil bumi yang dijualkan di pasar habis terjual. Kami sangat terbantu, semoga kebaikan yang dilakukan dibalas oleh Tuhan YME,” ungkapnya.

Check Also

Didampingi Kasdam Cenderawasih Kunker ke Boven Digoel dan Merauke, Ini Pesan Wakasad

Dalam kunjungan kerjanya hari kedua di wilayah Papua, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen …