Ratusan Warga Meriahkan Festival Budaya Papua Satgas TNI 405/SK Di Jita Mimika

Mimika – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 20022 diwarnai dengan meriahnya Festival Budaya yang digelar oleh Pos Jita Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW di Distrik Jita, Kabupaten Mimika, Kamis (18/08/2022).

Letda Inf Sugianto selaku Danpos Jita Satgas Yonif405/SK mengatakan bahwa, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022, Pos Jita melaksanakan serangkaian kegiatan antara lain pemasangan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul, karya bakti, Upacara HUT Kemerdekaan serta menggelar Festival Budaya.

“Ratusan masyarakat dari Kampung Sempan Timur, Wenin, Kanmapiri dan Noema hadir memadati pelataran Pos Jita Satgas Yonif 405/SK untuk menyaksikan dan mengikuti pergelaran festival adat budaya tersebut.

“Para peserta festival menunjukkan kekayaan budaya Papua yang ditampilkan melalui lagu-lagu dan tarian-tarian tradisional dengan mengenakan pernak-pernik adat khas Papua. Peserta yang mengikuti festival inipun beragam usianya, mulai dari anak muda hingga orang tua,” ujar Danpos.

Di tempat terpisah, Dansatgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW Letkol Inf Teguh Eko Efendi, S.E menjelaskan, pergelaran festival seni budaya tersebut merupakan hiburan rakyat untuk menggali potensi masyarakat serta meningkatkan keakraban masyarakat dengan anggota Satgas Yonif 405/SK.

Disamping memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-77, kegiatan festival budaya juga bertujuan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan adat tradisional Papua.

”Kekayaan budaya ini hendaknya dapat dijadikan kebanggaan dan potensi masyarakat untuk membangun bangsa yang penuh dengan keragaman dalam bingkai Negara Kesatuan Indonesia,” tegas Dansatgas.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …