Resmi Digelar, Aksi Grebek Sampah Hari Pertama Beri Edukasi Dan Sosialisasi Di Sekolah

Biak ~ Aksi Grebek Sampah dengan tema Jaga Biak Asik Tanpa Sampah Plastik yang di gagas oleh Dandim 1708/BN, Pemerintah Biak Numfor melalui Dinas Lingkungan hidup dan Forum Komunitas telah resmi dibuka dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah pada hari pertama di Kabupaten Biak Numfor, Papua, Selasa (30/1/2024).

Adapun Sekolah-Sekolah yang menjadi sasaran antara lain SMAN 1 Biak, SMK YPK 1 Biak, SMA Yapis Biak, dan SMPN 3 Biak. Untuk semua kegiatan berlangsung secara serentak.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu penyampaian materi, games, dan aksi pembersihan sampah. Dalam penyampaian materi para siswa diajarkan mengenal jenis-jenis sampah, edukasi mengenai lama terurainya sampah plastik, dan dampak sampah terhadap lingkungan dan makhluk hidup.

Di selang berlangsungnya kegiatan, Komandan Kodim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub, Int, M.Han memberikan arahan untuk para siswa agar semangat dalam mengikuti kegiatan agar dapat mengerti dan paham akan tata cara peduli terhadap lingkungan kita. Karena untuk mendapat dampak hal yang besar harus dimulai dengan hal-hal yang kecil.

“Edukasi tentang sampah kepada siswa-siswi akan menjadi sebuah solusi dalam memecahkan permasalahan sampah dalam rangka turut berpartisipasi pelestarian lingkungan, sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk ekosistem lingkungan,” tuturnya.

Dandim juga berharap melalui edukasi tentang sampah tersebut dapat menjadikan kebiasaan bagi para siswa-siswi sehingga menghadirkan lingkungan yang bebas sampah.

“Kegiatan Grebek Sampah akan berlanjut hingga 3 februari 2024 dengan agenda kegiatan Hunting Sampah, Grebek Keliling, Molo Sampah, dan Final Day,” pungkasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Perkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat, Babinsa Koramil Biak Kota Bantu Pembangunan Gudang Gereja

Biak ~ Babinsa Koramil 1708-01/Biak Kota Serka Sampurno laksanakan kegiatan karya bakti dengan membantu pembangunan …