Respon Keluhan Warga, Satgas Yonif 310/KK Berikan Pengobatan Gratis Di Kampung Terdalam Perbatasan RI-PNG

Pegunungan Bintang ~ Tingkatkan derajat kesehatan masyarakat di perbatasan, Pos Iwur Satgas Yonif 310/KK dibawah naungan Kolakopsrem 172/PWY lakukan anjangsana dan berikan pengobatan gratis di Kampung Kemyoin, Distrik Iwur, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Selasa (17/10/2023).

Hal tersebut dikatakan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangannya.

Dansatgas menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Papua, sehingga memiliki tingkat kesehatan yang tangguh. Selain itu, juga sebagai wujud program TNI AD untuk membantu kesulitan kesulitan yang ada di wilayah perbatasan.

“Selain peduli terhadap kesehatan warga Kampung Kemyoin, ini juga upaya kami untuk lebih dekat lagi dengan masyarakat,” kata Dansatgas.

Lebih lanjut, ditambahkan Dansatgas keadaan cuaca di perbatasan Papua tidak menentu, selain itu wabah endemi malaria selalu mengancam. Maka pihaknya berinisiatif untuk membantu masyarakat dengan melakukan pelayanan kesehatan secara door to door agar dapat membantu masyarakat yang rumahnya berada jauh dari Puskesmas atau Pos Satgas.

“Jauh sebelum datang ke wilayah perbatasan Papua, Satgas Yonif 310/KK telah mempersiapkan kader-kader yang akan menjadi tenaga kesehatan di wilayah penugasan. Melalui pembekalan yang diadakan oleh Puskesad, Kesdam III/Siliwangi serta Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Sukabumi,” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Ditempat terpisah, Danpos Iwur Letda Inf Deri Sumardi menambahkan bahwa akses menuju Kampung Kemyoin cukup sulit, karena secara geografis merupakan wilayah pegunungan dan Kampung Kemyoin ini merupakan kampung terdalam di wilayah Distrik Iwur.

“Kita menyiapkan beberapa macam obat-obatan mulai dari vitamin sampai dengan obat penyembuh luka dan obat malaria, mudah-mudahan bisa bermanfaat dalam mengatasi kesulitan warga,” tambah Danpos.

Sementara itu, Kepala Kampung Kemyoin Bapak Melky Oropka (44) mengungkapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang telah memberikan pengobatan gratis kepada warganya.

“Terima kasih kepada Bapak TNI yang sudah datang jauh-jauh untuk mengobati warga disini, kami sangat dimudahkan dengan adanya pelayanan seperti ini,” ungkapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Langkah Preventif Kodam Cenderawasih Gelar P4GN Dan Penyuluhan Pemadaman Kebakaran

Sebagai wujud konsistensi Kodam XVII/Cenderawasih dalam mendukung secara maksimal mewujudkan Indonesia bebas Narkoba. Sejauh ini …