SALAM PANCASILA, BABINSA BEKALI WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA SISWA SMPN MARIKAI

Waropen Atas  – Untuk menanamkan Nilai-nilai Persatuan, Jiwa Nasionalisme, rasa cinta tanah air dan kedisiplinan kepada generasi muda yang ada di wilayah binaannya, para Babinsa Koramil 1709-05/Waropen Atas Kodim 1709/Yawa dipimpin oleh Sertu Abner Saworo, memberikan Wawasan Kebangsaan, Salam Pancasila dan Pelatihan PBB kepada seluruh murid-murid SMP Negeri Kampung Marikai Distrik Waropen Atas Kabupaten Mamberamo Raya, Senin (7/2/2022).

Kehadiran para Babinsa tersebut disambut dengan senyuman manis dan semangat yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan tepuk tangan yang diberikan oleh seluruh siswa dan siswi yang hadir dilapangan SMP Negeri Marikai tersebut, dan dilanjutkan dengan perkenalan satu persatu dari para Babinsa sebelum memulai kegiatannya.

Disela-sela kegiatannya, Sertu Abner Saworo menerangkan, Pembekalan Salam Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Pelatihan PBB sangat penting ditanamkan sejak dini kepada para pelajar.

“Sebab diusia remaja saat ini, memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa yang memiliki Jiwa Nasionalisme, menjaga Persatuan dan Rasa Cinta Tanah Air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Babinsa.

“Kegiatan yang dilakukan ini disesuaikan dengan tingkatan usia, sehingga mereka bisa dengan mudah mencerna, memahami, mengerti dan dapat menerapkannya langsung dalam kehidupan sehari-hari mereka dalam beraktivitas, bila sejak dini sudah memiliki pemahaman pancasila dan wawasan kebangsaan maka generasi muda kita akan mampu menjaga tali persaudaraan dan persatuan diantara segala perbedaan yang kita miliki sesama anak bangsa, apapun suku, adat istiadat, ras dan agama kita, namun kita tetap satu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambah Sertu Abner Saworo.

Lebih lanjut dikatakan Babinsa generasi muda diharapkan dapat menjaga dengan baik rasa Persatuan dan Kesatuan serta memiliki jiwa bela negara sejak dini.

“Dengan mengamalkan setiap nilai-nilai Pancasila dan memiliki wawasan kebangsaan yang mumpuni, dan ditambah pula dengan pelatihan PBB, maka seluruh siswa diharapkan dapat memiliki sikap jasmani yang tegap, tangkas, disiplin, dan bertanggung jawab dalam menuntut ilmu di sekolah, sehingga mereka dapat mewujudkan dan meraih cita-citanya dimasa depan,” jelas Babinsa.

Kaleb Mudumi, A.Md. Pd selaku Kepala Sekolah SMPN Marikai, menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa terhadap para pelajarnya.

“Kehadiran Babinsa dalam pemberian Salam Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan PBB kepada seluruh murid-murid kami disekolah ini sangat baik dan dapat membawa manfaat yang sangat besar bagi anak-anak kami, untuk itu kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat besar terhadap para Babinsa Koramil 1709-05/Wartas yang telah hadir disekolah ini,” ucap Kepala Sekolah Bapak Kaleb Mudumi.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …