Sambut HUT Ke-61, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Pasar Youtefa

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih ke-61, sejumlah kegiatan dilaksanakan termasuk menggelar Karya Bakti gabungan personel TNI dan Polri bersama masyarakat membersigkan Pasar Youtefa dipimpin langsung oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Rudianto, bertempat di Lapangan Futsal Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) Jl. Poros, Wahno, Kec. Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (14/5/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cen Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

Pembersihan di seputaran Pasar Youtefa Abepura Kota Jayapura melibatkan sekitar 700 personel TNI Polri dan instansi lainnya bersama masyarakat.

Karya Bhakti dalam rangka memperingati HUT ke-61 Kodam XVII/Cen yang mengusung tema “Manunggal Mewujudkan Damai Di Papua” tampak terlihat antusiasme dari peserta membersihkan lingkungan pasar, bahkan terjadi interaksi dengan para pedagang yang aktif turut serta melakukan pembersihan.


Mengawali kegiatan ini, Aster Kasdam XVII/Cen memimpin jalannya apel pengecekan dengan membacakan sambutan Pangdam XVII/Cen yang menegaskan pelaksanaan kegiatan pembersihan Pasar Youtefa dalam rangka peringatan HUT Kodam XVII/Cen ke-61 tahun 2024

“Mari kita jaga kepercayaan dari masyarakat. Terlebih
sesuai amanat UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI pada pasal 7 yaitu tentang tugas TNI dalam rangka operasi militer selain perang, dimana salah satunya adalah membantu pemerintah di daerah melalui kegiatan pembersihan sekitar Pasar Youtefa,” jelas Kolonel Inf Rudianto.

“Kegiatan pembersihan sekitar Pasar Youtefa merupakan upaya untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar bagi masyarakat Kota Jayapura serta aksi nyata peduli lingkungan.”

“Pasar Youtefa ini merupakan salah satu pasar tradisional terbesar dan fasilitas tempat jual beli yang berkontribusi penting bagi perekonomian di Kota Jayapura, untuk itu kita harus merawat ketertiban. Untuk itu diharapkan masyarakat memiliki kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan pasar dengan tidak membuang sampah dan sisa air limbah ke badan jalan maupun aliran sungai sekitar lokasi pasar yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi para masyarakat sendiri,” harap Aster.

Turut hadir, Para Dan/Kabalakdam XVII/Cen, Aspotmar Danlantamal X Jayapura, Aspotdirga Lanud Silas Papare, Karoops Polda Papua, Unsur Forkopimda Kota Jayapura, Kepala Basarnas, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura, Para personel TNI-Polri dan PNS.

Check Also

Didampingi Kasdam Cenderawasih Kunker ke Boven Digoel dan Merauke, Ini Pesan Wakasad

Dalam kunjungan kerjanya hari kedua di wilayah Papua, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen …