Sambut HUT Ke-77 RI, Satgas TNI 142/KJ Gelar Bakti Sosial dan Bagikan Bibit Pinang

Elelim ~ Demi menyambut serta menyukseskan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Satgas Pamtas RI PNG Yonif Raider 142/KJ mengadakan acara bakti sosial berupa pengobatan masal secara gratis dan pembagian bibit pinang di Pos Kotis Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Pegunungan Tengah Papua, Selasa (16/08/2022).

Acara bakti sosial tersebut, turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Yalimo Dr. Nahor Nekwek, Sekda Kabupaten Yalimo Dr. Ishak Yondo, M.Si, Asisten 3 Kabupaten Yalimo Bapak Simon Hisage, Kapolres Yalimo Kompol Rudolof Yabansabra, S.H., M.H., Kepala Dinas Kesehatan Bapak Yunus Sambom, A.Mk, Kepala Dinas Sosial Bapak Martinus Heluka, Kepala Dinas Perhubungan Bapak Hengki Sambom, Kepala Dinas PPMK Bapak Malhae Mabel, Kepala Distrik Elelim Bapak Lukas Kepno, S.E., Perwira Penghubung Yalimo Dim 1702/Jayawijaya Mayor Arh Ivan dan Danporamil Elelim Serka Matuan.

Acara bakti sosial pengobatan masal dan pembagian bibit pinang ini diawali dengan sambutan Dansatgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif Raider 142/KJ selaku Dandim Persiapan Kabupaten Yalimo Letkol Inf Esnan Haryadi.

“Kegiatan ini kita lakukan demi menyambut dan menyukseskan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Ini bentuk kepedulian kita kepada masyarakat Kabupaten Yalimo, terutama di bidang kesehatan, untuk itulah kami adakan acara ini. Kami siap kapanpun dan 1×24 jam melayani masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya silahkan datang ke Pos, ataupun panggil kita ke rumah, adapun kegiatan ini kita lakukan demi membantu Program Pemerintah Kabupaten demi membuat masyarakat Yalimo agar tetap terjaga kesehatan,” kata Dansatgas.

“Kita pun akan memberikan bibit pinang. Bibit ini kita berikan demi menyampaikan pesan kecintaan untuk menanam pinang, pinang ini kita namakan Pinang Batara yang dibawa dari Jambi. Nantinya akan berbuah dan hampir mayoritas masyarakat Papua banyak mengkonsumsi buah pinang. Mari kita tanam sekaligus melestarikan bibit pinang, jumlah bibit pinang yang telah kita tanam di seluruh Distrik Elelim dan yang akan kita bagikan ke masyarakat yang memeriksakan kesehatannya berjumlah 1000 biibit,” imbuhnya.

Ditegaskan oleh Dansatgas ke depan akan didatangkan lagi sejumlah bibit pinang.

Di tempat yang sama, Bapak Kepala Dinas Kesehatan Bapak Yunus Sambom, A.Mk menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian dari TNI yaitu Satgas 142.

“Demi menyehatkan masyarakat terutama di Kabupaten Yalimo, kita tahu banyak tenaga kesehatan dan tenaga medis di Yalimo, mari kita bersinergi menyehatkan masyarakat Yalimo,” ungkapnya.

Sementara itu, Bapak Bupati Kabupaten Yalimo Bapak Dr. Nahor Nekwek menyampaikan ucapan terima kasih apa yang telah diperbuat oleh Satgas bahwa dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77, Satgas sudah peduli dengan mengadakan bakti sosial pengobatan masal secara gratis, ditambah dengan dibagikan bibit pinang.

“Kamipun cukup bangga apa yang telah ditanam dan dibagikan bibit pinang oleh Satgas berjumlah 1000 bibit pinang, terima kasih kepada Satgas. Penilaian dari kami pemerintahan Kabupaten Yalimo sudah sangat bagus, mari kita bersinergi untuk bangun Kabupaten Yalimo jadi lebih baik, untuk masyarakat mari kita periksa kesehatan di Kodim Persiapan Yalimo. Terima kasih wa..wa,” kata Bupati.

Saat ditanya, salah satu warga yang berobat atas nama Bapak Bemax dan Mama Yohana mengucapkan terima kasih kepada Satgas TNI.

“Kami diterima berobat dengan baik dan dikasih bibit pinang, wa…wa,” ungkap Mama Yohana.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Karya Bakti Dan Bakti Sosial Rindam Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Sentani – Sebagai satuan yang berkedudukan di bawah, maka Rindam XVII/Cen ikut berpartisipasi dalam rangka …