Sanggar Ceria Macan Leuser Mencerdaskan Anak-Anak Di Pedalaman Papua

Puncak Jaya ~ Satgas Yonif RK 115/ML berinisiatif turut mengambil peran dalam mencerdaskan anak-anak Papua dengan mengaktifkan sanggar ceria “Macan Leuser” sebagai sarana belajar anak-anak yang tinggal di Kampung Pruleme, Distrik Mulia, Kab. Puncak Jaya, Papua, Selasa (17/5/2023).

Hal tersebut diungkapkan oleh Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Satgas Letda Inf Hadi Priyono dalam keterangannya.

“Metode belajar di sanggar ceria Macan Leuser dilakukan dengan cara yang menyenangkan agar anak-anak menjadi antusias dan tidak cepat bosan dalam belajar,” ungkap Pasiter Satgas Letda Inf Hadi Priyono.

“Anak-anak sejumlah kurang lebih 21 orang mendatangi Pos Pruleme untuk mengikuti kegiatan Calistung (membaca, menulis dan berhitung) di sanggar ceria Macan Leuser. Personel Satgas Yonif RK 115/ML memancing minat belajar anak-anak dengan membagikan alat tulis berupa buku tulis dan ballpoint,” tambah Pasiter Satgas.

“Selain itu kami mengenalkan huruf abjad dan pelajaran berhitung untuk membuat anak-anak semakin antusias dalam belajar, disela-sela proses pembelajaran disisipkan dengan kegiatan kuis dengan imbalan hadiah berupa permen dan alat tulis,” terangnya.

Tidak hanya itu, personel Pos Pruleme juga mengajarkan kepada anak-anak mengenai Ideologi Negara Indonesia, yaitu Pancasila dengan cara mengucapkan serta menghafal secara bersama-sama. Kemudian mengajak anak-anak untuk berani tampil di depan untuk mengucapkan Pancasila dan akan diberi hadiah.

Tampak terlihat, antusias anak-anak dalam kegiatan belajar bersama personel Satgas Yonif RK 115/ML dengan penuh kegembiraan.

“Terimakasih om TNI sudah ajar sa dan teman-teman,” ujar anak-anak dengan penuh kegembiraan.

Seperti diungkapkan sebelumnya, kegiatan belajar-mengajar tersebut akan rutin dilaksanakan setiap hari Selasa, Jum’at dan Sabtu, sehingga anak-anak bisa lebih sering belajar bersama di Sanggar Ceria Macan Leuser dan pada akhirnya dapat mencerdaskan putera-puteri Papua disertai rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …