Satgas TNI 405/SK Sukseskan Peresmian Rumah Adat Karapao Suku Kamoro

Mimika – Personel Pos Nayaro Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW dipimpin oleh Letda Inf Purwanto (Danpos) hadir menyukseskan acara peresmian rumah Adat Karapao Suku Kamoro, bertempat di Kampung Nayaro, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Senin (12/09/2022).

Diungkapkan oleh Danpos Nayaro Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Purwanto, bahwa rumah Adat Karapao Suku Kamoro dibangun dengan ukuran panjang 100 meter dan lebar sekitar 7 meter. Pembangunan rumah tidak dilakukan oleh orang yang sembarangan, bahkan mencari kayupun ada aturan tersendiri.

“Bahannya menggunakan hasil alam di sekitar kampung seperti kayu, atap nipah dan dinding menggunakan kopa atau tikar khas Kamoro,” jelasnya

Suku Kamoro adalah salah satu suku di Papua yang memegang teguh adat dan budaya. Peresmian rumah adat Suku Kamoro tersebut merupakan rangkaian dari upacara adat Karapao yang merukan prosesi upacara adat pendewasaan bagi anak laki-laki Suku Kamoro.

Sementara itu, Dansatgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW Letkol Inf Teguh Eko Efendi, S.E menyampaikan, upacara adat Karapao suku Kamoro merupakan warisan budaya leluhur yang harus sama-sama dijaga, kembangkan dan lestarikan.

“Pelestarian budaya sangat penting karena budaya nasional bersumber dari budaya daerah, hal ini membuktikan bahwa Bangsa kita kaya akan keberagaman suku dan budaya namun tetap dalam bingkai Persatuan dan Kesatuan Negara Republik Indonesia,” tegas Dansatgas.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Kodim 1709/Yawa Gelar Syukuran Dalam Rangka HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih

Yapen ~ Kodim 1709/Yawa menggelar syukuran Hari Ulang Tahun ke-61 Kodam XVII Cenderawasih dengan mengusung …