SATGAS TNI BERI BANTUAN MAKANAN KEPADA WARGA YANG MENGALAMI KESULITAN HIDUP

Jayawijaya – Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Pos Kurulu memberikan bantuan kepada warga Kampung yang sedang mengalami kesulitan hidup, yaitu tidak makan dalam beberapa hari disebabkan tidak memiliki bahan makanan di rumahnya, bertempat di Kampung Mumi, Kab. Jayawijaya, Sabtu (7/8/2021)

Demikian keterangan yang disampaikan Komandan Pos (Danpos) Kurulu Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letda Inf Edi Sujianto dalam rilisnya.

Komandan Pos (Danpos) Kurulu Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letda Inf Edi Sujianto mengatakan bahwa pada Sabtu siang sekitar pukul 10.00 WIT, Pratu Chandra yang sedang berjaga di Pos telah didatangi oleh seorang Mama-mama bernama Yashua (70). Kemudian Pratu Candra menyambut kedatangan Mama Yashua dengan ramah dengan mempersilahkan untuk duduk, serta menanyakan maksud kedatangannya.

“Mama Yashua menyampaikan bahwa datang berjalan kaki dari Honainya yang terletak di Kampung Mumi, sekitar 1,5 km dari Pos Kurulu. Kemudian bercerita bahwa suaminya yang bernama Lani Mabel sudah 1 minggu mengidap sakit dan sudah beberapa hari tidak makan karena bahan makanan mereka telah habis,” jelas Komandan Pos (Danpos) Kurulu Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letda Inf Edi Sujianto

“Lalu mama Yashua bercerita bahwa dirinya tidak bisa ke kebun untuk mencari bahan makanan karena harus menunggui suami saya yang sedang sakit,” tambah Danpos Letda Inf Edi Sujianto

Lebih lanjut, Danpos Letda Inf Edi Sujianto mengatakan bahwa setelah mendengar penjelasan tersebut, kemudian Pratu Candra langsung melaporkan hal tersebut kepada Danpos untuk meminta petunjuk.

“Mendengar hal ini, saya langsung memerintahkan anggota lainnya untuk mengambilkan sepiring nasi yang menjadi menu makanan Prajurit TNI untuk diberikan kepada mama Yashua” kata Danpos Kurulu.

“Sambil menunggu mama Yashua yang sedang makan, saya telah menyiapkan 8 personel untuk melihat keadaan dan kondisi bapak Lani Mabel suami dari mama Yashua di Honainya. Seusai makan, saya dan Mama Yashua beserta 8 anggota pos yang lain bergegas menuju ke tempat tinggal Mama Yashua untuk melihat keadaan bapak Lani Mabel,” tambah Danpos.

Selanjutnya, Danpos menjelaskan sesampainya di Honai, melihat langsung bapak Lani Habel.

“Ternyata Mama Yashua dan Bapak Lani Habel hidup hanyalah berdua, karena anak mereka tinggal di Distrik Kobagma, Kab. Mamberamo Tengah. Kemudian saya memerintahkan personel kesehatan yang ikut datang untuk memeriksa keadaan bapak Lani Habel yang kondisinya sudah tidak bisa berjalan karena faktor usia,” jelas Danpos.

“Setelah selesai diperiksa dan diberikan obat sesuai dengan keluhan yang dirasakan bapak Lani Habel, saya beserta 8 anggotanya memberikan bantuan berupa beras dan mie instan untuk dikonsumsi mereka berdua,” tambah Danpos.

Setelah mendapat bantuan dari prajurit Satgas TNI, Mama Yashua mengucapkan terimakasih kepada personel Satgas Yonif RK 751/VJS Pos Kurulu.

“Terima kasih sebesar-besarnya untuk anak-anak mama dari Pos Kurulu yang sudah bersedia membantu mama dan keluarga, mama bangga dengan adanya Satgas 751 di Kurulu,” ungkap Mama Yashua.

Dikonfirmasi kejadian tersebut, Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi dalam keterangannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pos Kurulu dalam membantu kesulitan warga masyarakat di lingkungannya.

“Ini adalah salah satu wujud pengabdian kami kepada Bangsa dan Negara,” terang Dansatgas.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

BENTUK PERHATIAN KEPADA WARGA, SATGAS TNI BERI PELAYANAN KESEHATAN KELILING DI PAPUA

Keerom – Selain menjaga patok batas dan melaksanakan kegiatan teritorial, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis …