SATGAS TNI BERI PENYULUHAN PENANGANAN GIGITAN ULAR DI PERBATASAN RI-PNG

Pitewi – Satgas Pamtas RI – PNG Yonif 131/Brs Pos Pitewi memberikan penyuluhan penanganan tindakan pertama terkena gigitan ular dan luka robek kepada masyarakat pekerja kebun PT. Tandan Sawita, bertempat di Kampung Pitewi Distrik Arso Timur Kab. Keerom, Jumat (27/8/2021)

Hal tersebut disampaikan Wadan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Mayor Inf Ahmad Muzani CH dalam rilisnya.

Wadan Satgas mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana pertolongan pertama pada saat bekerja di kebun apabila ada yang terkena gigitan ular dan luka robek sebelum dilarikan ke Puskesmas atau Rumah sakit terdekat.

“Diharapkan kegiatan penyuluhan yang diberikan kepada masyarakat dan karyawan ini selain bersifat pengenalan juga menjadi ilmu pengetahuan. Sehingga mudah-mudahan dapat bermanfaat. Masyarakat pun terlihat sangat antusias mengikuti tahap demi tahap materi yang diajarkan oleh Bintara Kesehatan (Bakes) pos tersebut,” ucap Wadan Satgas.

Di tempat yang sama, Danpos Pitewi Lettu Inf Ridollah Sibuea mengungkapkan bahwa sebagian besar penduduk Kampung Pitewi adalah pekerja pada perkebunan sawit PT. Tandan Sawita Papua. Oleh karenanya penyuluhan tersebut sangat diperlukan guna mengantisipasi kecelakaan saat bekerja sering mengalami gigitan ular ataupun luka robek terkena duri maupun benda tajam. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan.

“Semoga apa yang kami ajarkan bisa bermanfaat untuk masyarakat dan karyawan,” ujarnya.

Asisten Manajer PT. Tandan Sawita Papua, Bapak Faisal Harahap yang ikut menerima penyuluhan mengucapkan sangat berterima kasih kepada pihak TNI

“Ilmu yang diajarkan ini, sangat berguna bagi karyawan apabila mengalami kejadian ini di lapangan ilmu inilah yang akan diaplikasikannya nanti, serta dapat terhindar terjadinya korban,” ucap Bapak Harahap.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

BENTUK PERHATIAN KEPADA WARGA, SATGAS TNI BERI PELAYANAN KESEHATAN KELILING DI PAPUA

Keerom – Selain menjaga patok batas dan melaksanakan kegiatan teritorial, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis …