Satgas TNI Perbaiki Sumur Sumber Air di Kampung Skow Mabo Papua

Jayapura – Prajurit TNI dari Yonif 131/Braja Sakti yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG membantu warga memperbaiki sumur tua yang ada di Kampung Skow Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. Selasa (13/04/2021).

Komandan Pos Ramil Tami Lettu Inf Janopen Arman menjelaskan bahwa sumur tua yang diperbaiki merupakan fasilitas untuk umum yang berlokasi di tengah Kampung Skow Mabo. Sumur tua ini merupakan salah satu sumber air bersih yang digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sumur tua ini merupakan salah satu sumber mata air warga di Kampung Skow Mabo yang biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari,” pungkas Lettu Janopen.

Lettu Inf Janopen menambahkan bahwa kondisi sumur tua sudah beberapa minggu ini  terkendala dengan tersumbatnya pipa mesin penarik air yang membuat masyarakat susah untuk mendapatkan air bersih. Sehingga prajurit TNI memperbaiki agar kebutuhan warga akan air terpenuhi.

“Aliran sumur tua mengalami permasalahan yaitu pipa air tersumbat, sehingga prajurit TNI dari Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti dan warga memperbaiki mesin penarik air dan membersihkan sumur dengan menimba tanah dan pasir yang ada di dasar sumur yang menyebabkan tersumbatnya mesin penarik air,” tambah Danposramil.

Lebih lanjut, Lettu Janopen mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat dapat memperoleh air yang bersih dan layak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari, karena air bersih merupakan kebutuhan vital bagi warga kampung. Kegiatan yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti tersebut merupakan wujud kedekatan TNI dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti dengan masyarakat di Kampung Skow Mabo Papua.

“Sekarang sumur ini sudah bisa digunakan kembali oleh masyarakat berkat gotong-royong antara warga dan TNI khususnya Yonif 131/Braja Sakti untuk kebutuhan sehari-hari. Kami juga berharap kepada warga agar dapat menjaga kebersihan sumur tersebut,” pungkasnya.

Salah seorang warga Kampung Ramil Tami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif 131/Braja Sakti Pos Ramil Tami yang telah membantu warga memperbaiki sumur.

“Kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada bapak TNI yang sangat peduli dengan warga di sini,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PERERAT SILATURAHMI, BABINSA KODIM MIMIKA BAGIKAN BINGKISAN KE WARGA

Timika – Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Suriansyah melaksanakan kegiatan bersama warga binaan di Kampung Jila, …