Satgas Yonif RK 115/ML Membantu Masyarakat Yang Terdampak Bencana Longsor Di Distrik Yambi

Puncak Jaya ~ Bencana longsor merupakan salah satu bencana alam yang tidak dapat diprediksi terjadinya. Dimana bencana longsor biasa terjadi pada saat musim hujan di lokasi yang memiliki struktur tanah yang cenderung berpasir dan minimnya pepohonan yang dapat mengikat tanah tersebut, seperti yang terjadi di wilayah Distrik Yambi, Kab. Puncak Jaya, Senin (19/6/2023).

Melihat kejadian tersebut, personel TNI dari Satgas Yonif RK 115/ML pun bertindak untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh bencana. Salah satunya dengan cara melakukan upaya perbaikan jalan menggunakan peralatan seadanya berupa cangkul dan sekop bersama-sama masyarakat.

Namun, karena besarnya dampak kerusakan jalan yang disebabkan oleh bencana longsor tersebut, jalan yang diperbaiki kembali mengalami kerusakan.

Hal tersebut tidak menghentikan personel TNI dari Pos Ramil Yambi, yang dekat dengan salah satu lokasi bencana longsor untuk membantu masyarakat yang ingin membawa hasil kebunnya ke Kota Mulia. Dengan mengandalkan tenaga personel TNI dari Pos Ramil Yambi membantu setiap kendaraan roda dua yang akan melintas di lokasi longsor agar dapat melanjutkan perjalanannya ke Kota Mulia.

“Upaya perbaikan jalan dengan menggunakan alat berat sudah dilakukan dengan berkoordinasi kepada Pemda Kab. Puncak Jaya, namun sampai saat ini belum dapat dilaksanakan karena masih menunggu dukungan alat berat yang dapat digunakan, akan diupayakan perbaikan jalan dapat dimulai secepatnya sehingga pendistribusian logistik ke Distrik Yambi dapat kembali berjalan lancar, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat,” tutur Dansatgas.

“Kami sudah mengirim tim untuk membantu kendaraan roda dua yang akan melintas di lokasi yang terdampak longsor, supaya masyarakat tetap dapat membawa hasil kebunnya untuk dijual ke Kota Mulia,” tambahnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Danrem 174/ATW Ikuti Vicon Peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., beserta Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. …