Home / Post / Berita / Sebulan Berdiri, Rumah Tempe Satgas Yonif MR 411/ Kostrad Beri Manfaat Nyata Untuk Warga Yakyu

Sebulan Berdiri, Rumah Tempe Satgas Yonif MR 411/ Kostrad Beri Manfaat Nyata Untuk Warga Yakyu

Merauke – Semenjak diresmikannya Rumah Tempe Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Yakyu sekitar satu bulan yang lalu, kini manfaat dari keberadaannya telah dirasakan nyata oleh masyarakat di RT 03 Yakyu Kampung Rawa Biru.

Demikian disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Elikobel, Merauke, Papua, Kamis (28/11/2019).

Dansatgas mengungkapkan, sebagai wujud turut serta mendukung peningkatan kesejahteraan warga binaan diwilayah tugasnya, satu bulan yang lalu Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Yakyu telah meresmikan berdirinya “Rumah Tempe” di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru.

Rumah Tempe tersebut dikelola oleh warga dan dibina langsung personel Pos Yakyu. Dimana setelah satu bulan berdiri manfaatnya telah dirasakan oleh warga Yakyu untuk memenuhi kebutuhan konsumsi tempe, seperti dilaporkan Danpos Yakyu Letda Inf I Komang, selaku pembina sehari-hari produksi Rumah Tempe.

“Dulu warga RT 03 Yakyu jika ingin makan tempe harus membelinya di RT 02 Kampung Rawa Biru yang membutuhkan waktu tempuh 2½ Jam perjalanan menggunakan Ketinting (Perahu tradisional Papau), namun saat ini warga tidak perlu jauh-jauh jika mau makan tempe, cukup datang ke Rumah Tempe dan membelinya dengan harga yang sama,” pungkasnya.

Disamping melaksanakan tugas pokok menjaga keamanan diwilayah perbatasan RI-PNG Sektor Selatan di Kab. Merauke, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad juga memiliki program teritorial untuk dapat menciptakan usaha kecil yang dapat mendongkrak pendapatan dan bermanfaat bagi kemajuan warga.

Sementara itu Danpos Yakyu Letda Inf I Komang mengatakan, dalam waktu dekat akan dilaksanakan penanaman Kacang Kedelai seluas 1 hektar di Yakyu, dengan harapan nantinya dapat menyediakan bahan pokok sendiri dan meningkatkan jumlah produksi tempe untuk dijual keluar Yakyu.

Ketua RT 03 Yakyu Bapak Lukas Robert Maiwa menyampaikan, dengan adanya Rumah Tempe Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad ini telah membawa banyak manfaat bagi warga, menjadikan kegiatan warga lebih produktif karena sudah bisa membuat tempe sendiri untuk di konsumsi sehari-hari dirumah, dan sebagiannya di jual. (Prod/Cen)

About admincen