Home / Post / Berita / Serbuan Teritorial Kodam XVII/Cenderawasih, 6000 Pohon ditanam pada Lereng Gunung Cycloop

Serbuan Teritorial Kodam XVII/Cenderawasih, 6000 Pohon ditanam pada Lereng Gunung Cycloop

Demi menjaga ekosistem air dan mencegah erosi serta tanah longsor, 6000 pohon ditanam dilereng gunung Cycloop, Sentani, Jayapura. “Sabtu,(19/10/2019).

Dalam hal ini, Kodam XVII/Cenderawasih melalui kegiatan Serbuan Teritorialnya dalam rangka Festival Cycloop ke 2 tahun 2019, bersama masyarakat dan Stikom Muhamadiyah Jayapura, mengadakan kegiatan penanaman pohon di Kawasan kampung Sereh Sentani.

Dalam sambutannya Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Andi Prihantono menyampaikan bahwa tanam pohon tersebut dalam rangka penghijauan kembali hutan cycloop yang mulai gundul akibat disengaja maupun tidak disengaja oleh masyarakat yang tidak memahami kondisi hutan tersebut, sehingga perlu adanya penghijaun kembali hutan cycloop.

“Bagaimana kita ketahui bersama pada beberapa bulan yang lalu telah terjadi musibah banjir bandang yang diakibatkan oleh curah hujan tinggi dan faktor yang telah berubahnya kawasan hutan gunung cycloop berubah alih fungsinya menjadi perkebunan masyarakat. Sehingga turunnya hujan yang begitu deras tidak dapat di serap dengan baik oleh hutan. “Ujarnya.

Aster, juga menghimbau, untuk bersama-sama menjaga jagar alam Cycloop yang terbentang kurang lebih 40 Km mulai dari Pasir 2 Jayapura sampai dengan sentani, karena hutan memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. “Ucapnya.

Disis lain, Dosen Stikom Muhamadiyah Jayapura, Ibu Dian, menyampaikan bahwa Tujuan Kegiatan penanaman pohon tersebut adalah merupakan kampanye perlindung cycloop yang tujuanya untuk mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan melestarikan cycloop ini, karena satu satunya sumber air dan sumber udara bagi kehidupan masyarakat.

“Selain bermanfaat dari sisi ekologi, adanya penambahan tanaman dimaksudkan bisa mengamankan daerah resapan air dan mengantisipasi terjadinya tanah longsor. “Pungkasnya.

About admincen