Sinergi Babinsa Bersama BPBD Dan Warga Bersihkan Pasar Enarotali

Enarotali – Upaya pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah, terus dilakukan Babinsa Jajaran Kodim 1703/Deiyai melalui berbagai kegiatan, seperti yang di laksanakan Babinsa Koramil 1703-10/Enarotali Sertu Iksan bersama anggota BPBD Kab Paniai serta mengajak masyarakat melaksanakan karya bakti pembersihan pasar Enarotali Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai, Rabu (19/10/2022).

Disela-sela karya bakti, Sertu Iksan mengatakan, karya bakti pembersihan di lingkungan pasar Enarotali yang dilakukan bersama anggota BPBD Kabupaten Paniai dan masyarakat, dengan sasaran pembersihan sampah plastik seperti botol-botol yang berserahkan kemudian di kumpul dan di masukan kedalam karung.

”Tidak itu saja, dalam karya bakti ini juga dilakukan pengangkutan sampah dengan mengunakan mobil dinas BPBD Kabupaten Paniai menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Kampung Ipakiye,” ujar Babinsa.

“Karya bakti ini merupakan salah satu upaya mengajak masyarakat untuk meningkatkan budaya hidup bersih, karena dengan lingkungan yang bersih maka akan terwujud lingkungan yang sehat dan nyaman. Selain itu, pembersihan di lingkungan pasar ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya luapan air akibat tersumbatnya saluran air menuju kali Earotali, terlebih di musim hujan yang sering menyebabkan meluapnya air ke dalam pasar”, imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, karya bakti juga sebagai salah satu sarana mempererat silaturahmi dan semangat kebersamaan serta jalinan komunikasi yang harmonis antara unsur tiga pilar desa dengan warga masyarakat desa binaan. Babinsa berharap dengan karya bakti ini mampu menghidupkan kembali semangat gotong royong dan memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat.

Pantauan di lapangan, tampak Babinsa, bersama anggota BPBD dan puluhan warga yang terbagi dalam beberapa kelompok, dengan suasana penuh kebersamaan, bahu membahu membersihkan pasar yang dipenuhi oleh tumpukan sampah.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Sukseskan Ketahanan Pangan, Koramil 1708-06/Supiori Utara Bersama Warga Laksanakan Panen Raya

Supiori ~ Danramil 1708-06/ Supiori Utara Mayor Cku (K) Patresia Siante bersama anggotanya dan masyarakat …