Sinergi Berbagai Komponen Dukung Silaturahmi Pemuda Papua

Jayapura – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring menggelar tatap muka bersama Paguyuban dan Tokoh Pemuda Papua bertempat di Aula Makorem 172/PWY, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Kamis (20/10/2022).

Tatap muka ini dilakukan sebagai upaya menyatukan pandangan dalam merancang dan menyiapkan terselenggaranya kegiatan silaturahmi Pemuda Papua Satu dengan melibatkan kolaborasi antara pemuda baik dari paguyuban maupun dari Pemuda Papua lainnya. Sehingga diharapkan kegiatan dapat berjalan aman, lancar dan sukses.

Danrem 172/PWY dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Pemuda Papua Satu dilaksanakan sebagai gambaran bahwa siapa saja yang tinggal di Papua adalah bagian dari masyarakat Papua.

“Perbedaan suku, ras dan agama bukan menjadi penghalang untuk kita menjadi saudara. Justru dengan adanya keberagaman tersebut kita bangun Papua yang damai, aman, maju dan sejahtera dalam bingkai NKRI. Hal ini juga sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu Papua Rumah Kita”, katanya.

Danrem menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dari seluruh pihak baik TNI-Polri, Pemuda Papua dan seluruh stakeholder di Papua.

“Sudah banyak hal yang kami diskusikan agar kegiatan ini dapat terlaksana. Kami optimis kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sebab dari kegiatan ini kami berharap akan ada suatu terobosan dari para pemuda untuk kemajuan Tanah Papua”, ujarnya.

Dikatakan, nantinya dalam kegiatan tersebut banyak games yang akan dilaksanakan serta penyampaian beberapa materi dari FKUB, MRP, Telkomsel dan instansi lainnya.

“Saya juga meminta agar setiap paguyuban membawa makanan ciri khas daerahnya masing-masing. Jadi semua peserta yang hadir dapat mencicipi makanan dari daerah lain”, tutur Danrem.

Sementara itu Sekertaris KNPI Kab. Yahukimo, Bayam Keroman menyampaikan saran agar tema kegiatan yaitu Papua Rumah Kita bisa ditambahkan menjadi Papua Rumah Kita Bersama.

“Ini momen yang tepat untuk kita saling mengenal satu sama lain untuk saling mengakrabkan dengan memperkenalkan budaya dari masing-masing daerah. Saya fikir ini adalah kegiatan yang sangat bagus dan kami siap mendukung kegiatan ini”, katanya.

Kegiatan Pemuda Papua Satu akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2022 bertempat di Pantai Holtekamp, Kota Jayapura.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Puncak Jaya ~ Babinsa Koramil 1714-02/Ilu Sertu Sugiyanto melaksanakan Komsos Kreatif dengan membangun keakraban dan …