SISWA SD BERSAMA APARAT TNI ANTUSIAS IKUTI UPACARA BENDERA

Enarotali – Danramil 1703-01/Enarotali Mayor Cba (k) Marina Rumawak bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera di Sekolah Dasar YPPGI Kepas Kopo, Distrik Paniai Timur Kabupaten Paniai dengan peserta upacara berjumlah 185 orang siswa-siswi SD dan SMP, Senin (14/02/2022).

Koordinator sekaligus Ketua Yayasan SERAFIM Bapak Jhon Fallo, Kepala Sekolah SD YPPGI Kepas Kopo Ibu Juni Sriyanti Simanjuntak beserta seluruh dewan guru Serta 10 anggota Babinsa turut hadir dalam upacara tersebut.

“Siswa-siswi harus lebih tekun dan giat belajar, siswa-siswi inilah kelak yang akan mejadi penerus-penerus kami, sehingga kesempatan belajar dan sekolah ini hendaknya dimanfaatkan betul-betul agar mampu menyerap ilmu pengetahuan dengan baik. Perlu diketahui oleh siswa-siswi upacara seperti ini juga harus dilakukan dengan hikmat karena ini merupakan penghormatan kita kepada lambang-lambang negara yang merupakan hasil perjuangan para pahlawan kita, dengan melaksanakan upacara secara hidmat berarti kita menghormati jasa-jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa”, kata Mayor Cba (k) Marina Rumawak dalam amanatnya.

“Kita sebagai generasi muda harus mengisi kemerdekaan hasil perjuangan para pahlawan tersebut dengan hal-hal yang positif, sebagai pelajar harus giat dan rajin belajar, sebagai guru harus mengajar dengan baik, sebagai pedagang harus berdagang dengan baik dan lain-lain, intinya kita harus berbuat baik sesuai bidang dan profesi kita. Sebagai bangsa yang beragam suku bangsa dan agama yang dipersatukan dengan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan Bhinneka Tunggal Ika, kita harus saling hormat menghormati, menjaga sopan santun kepada orang tua, guru dan sesama, sebagai generasi penerus hendaknya mampu menjaga diri kita masing-masing karena jenjang adik-adik masih panjang kedepan,” tambah Danramil.

Bersama Koramil 1703-01/Enarotali para murid rutin melakukan pengecekan suhu tubuh setiap hari. Bahkan setiap harinya menerapkan 3 M yaitu memakai masker jika keluar rumah, mencuci tangan dan memakaian hand sanitizer di gerbang sekolah. Sekolah juga menyediakan tempat cuci tangan di masing-masing kelas dan tenaga pengajarnya sudah divaksinasi.

Kepala Sekolah SD YPPGI Kepas Kopo Ibu Juni Sriyanti Simanjuntak menyatakan terima kasihnya kepada Ibu Danramil 1703-01/Enarotali berserta anggotanya yang sudah berkenan hadir untuk menjadi Inspektur Upacara, sehingga sekaligus memohon untuk memberikan pembekalan agar siswa-siswi lebih disiplin, berwawasan dan berkarakter.

Komandan Kodim 1703/Deiyai Letkol Kav Harto Wibowo S.E., M.Tr (Han) menyampaikan terima kasih kepada jajaran dalam hal ini Koramil 1703-01/Enarotali yang telah melaksanakan kegiatan kewilayahan dengan baik, pemberian wawasan kebangsaan melalui upacara seperti ini juga akan sangat efektif sekali dan membekali siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa.

“Penanaman nilai-nilai positif pada masa-masa jenjang usia Sekolah Dasar memang sangat perlu sekali karena dari pendidikan tingkat dasar tersebutlah siswa-siswi harus mulai memahami apa yang harus dilakukan sebagai generasi penerus bangsa,” kata Dandim.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …