SUKSESKAN ACARA ADAT, BABINSA KODIM DEIYAI IKUT KEGIATAN ACARA BAKAR BATU DI KUGAISIGA

Kugaisiga – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi terhadap warga binaan, Babinsa Koramil 1703-01/Enarotali hadir di acara adat bakar batu distrik Bibida. Senin (26/04/2021).

Serda Dodi Carlo Takapaha salah satu anggota Babinsa  yang menghadiri acara bakar batu tersebut mengatakan bahwa dalam pelaksanaannya acara bakar batu dilaksanakan oleh masyarakat Kampung Kugaisiga yang sekaligus acara doa adat oleh masyarakat Kampung Kugaisiga Distrik Bibida.

“Saya hadir di acara bakar batu diselenggarakan oleh masyarakat Kampung Kugaisiga untuk doa adat,” jelas Babinsa.

“Inilah wujud keakraban TNI dan masyarakat dalam menghargai sekaligus menghormati kearifan lokal dan budaya masyarakat di wilayah pegunungan,” tambah Serda Dodi Carlo Takapaha.

Lebih lanjut Babinsa mengatakan bahwa tradisi bakar batu merupakan salah satu tradisi penting masyarakat di Papua berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur dan bersilaturahim mengumpulkan sanak saudara dan kerabat.

“Kehadiran anggota Babinsa merupakan wujud kebersamaan antara anggota Babinsa dengan warga dalam kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia,” kata Babinsa.

Mayor Cba (k) Marina Rumawak selaku Danramil 1703-01/Enarotal mengatakan, bahwa kehadiran Babinsa pada acara adat tersebut adalah untuk memenuhi undangan dari warga setempat.

“Kami bangga dan senang dengan undangan seperti ini, warga sudah menjadikan Koramil sebagai bagian dari mereka”, terangnya.

Sementara, Bapak Yonas Yatipai selaku Kepala Suku Kampung Kugaisiga menjelaskan, bahwa acara ini sudah berjalan sejak dari nenek moyang dan ini harus ditaati secara adat dan harus dilestarikan.

“Terima kasih Bapak Babinsa atas kehadirannya, semoga kedekatan seperti ini terus terjalin dengan baik”, pungkasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PERERAT SILATURAHMI, BABINSA KODIM MIMIKA BAGIKAN BINGKISAN KE WARGA

Timika – Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Suriansyah melaksanakan kegiatan bersama warga binaan di Kampung Jila, …