Sukseskan Ketahanan Pangan, Satgas TNI Bantu Warga Kampung Membuat Makanan Bernilai Ekonomis

Merauke – Satgas Pamtas RI – PNG Yonif 611/awl yang berada di bawah Dankolakops Korem 174/ATW bantu warga olah makanan pengganti beras berkharbohidrat tinggi menjadi makanan pokok pengganti nasi di kampung Toray, Distrik Sota, Rabu (17/2/2021).

Dansatgas Yonif 611/Awang Long Mayor Inf Albert Frantesca Hutagalung menjelaskan “Bahan makan yang berdasar sagu ini sangat banyak dan melimpah bisa diolah bervariasi, dan juga kita bisa membantu masyarakat memproduksinya menjadi berbagai jenis makanan dan kita juga mendorong masyarakat untuk dijadikan sebagai ladang usaha nantinya kedepan”

Pada umumnya orang di Indonesia memilih makanan pokok dari beras yang diolah menjadi nasi sebagai sumber kharbohidrat. Lain halnya yang terjadi di Kampung Toray, Distrik Sota, Merauke yang memilih sagu sebagai makanan pokok.

Pratu Makmur berkolaborasi dengan Mama Lena warga Kampung Toray mengolah sagu sebagai menu makan pokok pengganti beras dikeluarga tersebut.

“Hasil endapan sagu ini kita masak dulu beberapa saat hingga menjadi butiran, butiran inilah yang menjadi makanan pokok disini, penggati nasi” Pungkas Pratu Makmur

Selain itu juga Mama Lena Membeberkan ”disini kita orang jarang pakai nasi buat makan pagi makan malam, pakai sagu saja pengganti nasi sudah turun temurun”

Sagu ini memang menjadi makanan pokok favorit pengganti nasi di wilayah timur Indonesia seperti keluarga Mama Lena yang masih meminati sagu ini sebagai makanan pokok .

Selain itu sagu juga bisa diolah bervariasi seperti Papeda, ongol-ongol sagu, lempeng sagu dan masih banyak lagi.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

PERERAT SILATURAHMI, BABINSA KODIM MIMIKA BAGIKAN BINGKISAN KE WARGA

Timika – Babinsa Koramil 1710-05/Jila Serda Suriansyah melaksanakan kegiatan bersama warga binaan di Kampung Jila, …