Tanamkan Cinta Tanah Air, Babinsa Biak Timur Bekali Wasbang Siswa-Siswi SD

Biak Timur – Upaya untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa sejak dini, Babinsa Posramil 1708-01/Biak Timur Sertu Petrus Ikanubun memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa dan siswi SD Inpres Yadibur, Kampung Yenusi, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Senin (28/11/2022).

Materi Wawasan Kebangsaan yang diberikan Babinsa kepada siswa dan siswi Sekolah Dasar tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme sejak dini, sehingga diharapkan dapat membentuk generasi penerus yang disiplin dan berkarakter serta memiliki rasa cinta tanah air terhadap NKRI. Adapun pemberian Wasbang meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakan untuk menumbuhkan persatuan dan kesatuan melalui kerja sama antar siswa.

“Wawasan Kebangsaan ini sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, mengingat pada usia tersebut sangat strategis dalam membentuk pola pikir maupun membentuk nilai- nilai patriotis melalui pembentukan dasar mental dan membentuk karakter kedisiplinan para pelajar agar dapat mencapai cita- cita luhur untuk masa depan mereka,” jelas Sertu Ikanubun.

Lanjut dikatakannya, dengan memberikan Wasbang terhadap anak-anak usia dini yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, diharapkan dapat menjadi benteng bagi mereka agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang bersifat negatif karena dapat merusak kepribadian dan masa depannya.

“Hal ini tentunya membutuhkan kerja sama dan pengawasan dari semua pihak, baik guru pembimbing di sekolah maupun orang tua di lingkungan tempat tinggalnya.”

“Untuk itu marilah kita bimbing dan arahkan adik-adik kita dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan memberikan motivasi untuk rajin belajar baik di sekolah maupun di rumah, agar mereka dapat mewujudkan cita-cita luhur yakni menjadi generasi penerus bangsa yang berguna bagi Bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Cenderawasih Mendampingi Menteri Pertanian RI Dalam Rakor Peningkatan Produksi Pangan Nasional

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han mendampingi Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi …